Halikinnor dukung penuntasan jalan membuka keterisolasian Seranau dan Pulau Hanaut

id Halikinnor dukung penuntasan jalan membuka keterisolasian Seranau dan Pulau Hanaut, Halikinnor, Halikinnor-irawati, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Halikinnor dukung penuntasan jalan membuka keterisolasian Seranau dan Pulau Hanaut

Halikinnor (kanan) saat menghadiri undangan silaturahmi di rumah warga sekaligus mendengar aspirasi masyarakat. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Halikinnor menyatakan komitmennya mendukung pembangunan hingga tuntas jalan di kawasan seberang untuk membuka keterisolasian Kecamatan Seranau dan Pulau Hanaut.

"Kalau untuk jalan Seranau sampai Pulau Hanaut, saya sangat sepakat itu dituntaskan. Selain jalan itu, menurut saya untuk sementara tidak ada proyek multi years (tahun jamak) dulu. Lebih baik kita fokus pada program-program yang sangat prioritas untuk kebutuhan masyarakat," kata Halikinnor di Sampit, Kamis.

Pria yang mencalonkan diri menjadi Bupati Kotawaringin Timur berpasangan dengan calon Wakil Bupati Irawati yang akrab disebut pasangan HARATI ini menempatkan bidang infrastruktur sebagai salah satu prioritas karena sangat berkaitan dengan perekonomian masyarakat.

Halikinnor mencontohkan, pembangunan jalan dari Desa Cempaka Mulia Timur Kecamatan Cempaga hingga batas Pegatan Kabupaten Kotawaringin Timur, harus tetap diprioritaskan. Jalan tersebut sangat penting agar desa-desa di Kecamatan Seranau dan Pulau Hanaut tidak lagi terisolasi sehingga ekonomi masyarakatnya tumbuh serta mampu mencapai kesejahteraan.

Jalan sepanjang 97 kilometer yang dihubungkan 43 jembatan itu dibangun mulai 2017 lalu. Dana yang digelontorkan sekitar Rp1 triliun dengan pembiayaan sistem multi years atau tahun jamak yang berakhir 2020 ini.

Menurut Halikinnor, keberadaan jalan itu sangat penting untuk mendorong perekonomian masyarakat di dua kecamatan tersebut. Ekonomi masyarakat, terlebih di desa-desa yang dilewati jalan tersebut, akan tumbuh dan meningkat.

Baca juga: HARATI siapkan pola efektif percepatan pembangunan infrastruktur Kotim

Untuk itu pembangunan dan peningkatan jalan itu harus dituntaskan agar aktivitas perekonomian masyarakat semakin lancar sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan.

Pengalaman mengelola anggaran saat menjabat Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah, membuat Halikinnor yakin bisa mengatur dengan baik alokasi anggaran untuk mewujudkan rencana penuntasan jalan di kawasan seberang tersebut.

"Keberadaan jalan sangat penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Saya yakin ekonomi masyarakat di kawasan seberang akan meningkat signifikan," kata Halikinnor

Halikinnor menegaskan, pembangunan dan peningkatan infrastruktur akan dilakukan secara merata di semua kecamatan. Harapannya agar peningkatan kesejahteraan masyarakat juga semakin cepat dan merata pula.

Baca juga: Ini alasan Halikinnor dukung pengembangan pertanian dan agrowisata

Baca juga: Memperkenalkan sejarah Sampit bisa melalui lukisan