HARATI bertekad tingkatkan kesejahteraan guru di Kotim

id HARATI bertekad tingkatkan kesejahteraan guru di Kotim, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, Halikinnor, Halikinnor-irawati

HARATI bertekad tingkatkan kesejahteraan guru di Kotim

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor dan Irawati atau akrab disebut HARATI saat debat publik pada Senin (23/11/2020) malam. ANTARA/Istimewa

Sampit (ANTARA) - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor dan Irawati atau akrab disebut HARATI, menilai nasib guru harus menjadi perhatian sehingga mereka bertekad untuk meningkatkan kesejahteraan guru.

"Kesejahteraan guru menjadi perhatian serius kami karena kondisinya memang perlu ditingkatkan. Dengan kesejahteraan itu diharapkan guru bisa menjalankan tugas lebih maksimal lagi," kata Halikinnor di Sampit, Rabu.

Peringatan Hari Guru Nasional hari ini bisa menjadi momen bagi semua pihak untuk lebih memperhatikan dan menghargai guru. Sebaliknya, guru juga diharapkan bisa lebih bersemangat dalam mengabdi untuk mencerdaskan anak bangsa.

Pria yang pernah menjabat Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kotawaringin Timur ini mengatakan, upaya peningkatan kesejahteraan guru di daerah harus terus dilakukan. Program mengangkat guru honor sekolah menjadi tenaga kontrak daerah, sangat bagus untuk dilanjutkan karena berdampak terhadap kesejahteraan guru tersebut.

Saat ini masih ada guru yang direkrut oleh sekolah untuk membantu memenuhi kekurangan tenaga pendidik. Mereka diberi insentif yang kecil karena menyesuaikan kemampuan anggaran sekolah.

Halikinnor menyebutkan, solusi terhadap para guru tersebut adalah dengan mengangkat mereka menjadi tenaga kontrak daerah secara bertahap sesuai kemampuan anggaran daerah. Dengan begitu penghasilan yang diterima guru tersebut jauh lebih baik.

Fasilitas berupa rumah dinas guru juga akan menjadi perhatian serius. Selama ini banyak guru yang kesulitan ditugaskan di pelosok karena belum ada rumah dinas guru. Jika pun ada, kondisinya sudah rusak sehingga mereka harus menyewa rumah warga.

Baca juga: HARATI usung program realistis menyesuaikan kemampuan daerah

Pembangunan rumah dinas guru diharapkan membuat guru semakin betah menjalankan tugas. Kondisi itu akan membawa dampak positif terhadap kualitas pendidikan karena guru akan semakin bersemangat mengajar murid-muridnya.

Penambahan guru juga akan terus diupayakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik di sekolah-sekolah di kawasan pelosok. Ini sangat penting untuk pemerataan kualitas pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia.

"Kita bantu anak-anak di desa untuk kuliah hingga lulus, kemudian mereka kembali ke kampung halaman untuk mengabdi menjadi guru, tenaga kesehatan dan lainnya. Mereka tentu akan bersemangat dan betah bertugas di kampung sendiri," jelas Halikinnor.

Halikinnor dan Irawati sangat mengapresiasi kontribusi dan jasa guru dalam mendidik anak-anak serta meningkatkan sumber daya manusia masyarakat di daerah ini. Peran guru sangat penting dan mempunyai andil besar terhadap kemajuan Kabupaten Kotawaringin Timur dan masyarakatnya.

Baca juga: Hujan tak halangi warga hadir mendoakan HARATI

Baca juga: Pembangunan pabrik jadi solusi perkebunan sawit rakyat, kata Halikinnor

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar