Petani cabai dan kedelai Barut perlu diberikan pembinaan

id dprd barito utara,asran,petani

Petani cabai dan kedelai  Barut perlu diberikan pembinaan

Anggota DPRD Barito Utara H Asran.ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara H Asran meminta kepada pemerintah daerah agar dapat melakukan pembinaan terhadap para petani yang ada di seluruh daerah setempat.

"Saat ini pembinaan terhadap para petani perkebunan bahan pokok masih kurang, sehingga kebutuhan pokok masih banyak didatangkan dari luar daerah," kata Asran di Muara Teweh, Rabu.

Dia mencontohkan bahan pokok yang masih didatangkan dari luar daerah seperti cabai, kedelai, beras dan lainnya. 

Apalagi pada saat ini, kebutuhan pokok seperti cabai dan bahan makanan tahu serta tempe mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan dipasaran. Tentunya ini harus mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah setempat.

"Dengan adanya pembinaan terhadap para petani di wilayah ini, tentunya kebutuhan pokok dipasaran dapat dipenuhi dari para petani lokal," kata politisi dari Partai Golkar ini.
 
Menurut dia, untuk pembinaan skala besar kepada para petani di Kabupaten Barito Utara hanya untuk perkebunan jagung, bawang merah, padi dan lainnya. Akan tetapi untuk pembinaan kepada para petani cabai dan kedelai masih belum ada.

"Jadi, untuk itu pemerintah daerah diharapkan dapat melakukan pembinaan kepada para petani untuk penanaman cabai dan kedelai dan bahan pokok lainnya dalam skala besar, sehingga bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan bahan pokok didaerah, juga dapat mengekspor ke luar daerah," ujar Asran.