Ketua DPRD Palangka Raya: waspadai berbagai penyakit di musim hujan

id Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto ,DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya

Ketua DPRD Palangka Raya: waspadai berbagai penyakit di musim hujan

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto saat ditemui beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengingatkan sekaligus meminta seluruh warga di wilayah setempat, agar mewaspadai penyakit yang sering muncul ketika musim hujan seperti sekarang ini.

"Musim penghujan seperti ini masyarakat diminta waspadai penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA," kata Sigit di Palangka Raya, Rabu.

Dia pun menyarankan warga memperbanyak mengkonsumsi makanan-makanan bergizi agar tidak mudah terserang penyakit, terkhusus penyakit Ispa. Pola hidup sehat pun perlu dilakukan dan diterapkan masyarakat, agar imun tubuh tetap stabil dan tidak mudah turun.

Sigit mengatakan apalagi selama ini ketika masyarakat diserang penyakit baik itu flu, demam serta lain sebagainya. Takutnya terindikasi terpapar COVID-19, karena kriteria tersebut masuk dalam kategori ke arah penyakit tersebut.

"Siapa yang mau sakit, makanya mari biasakan pola hidup sehat. Siapapun bisa sakit, namun kalau kita menjaga imunitas kekebalan tubuh kita dimusim seperti ini, saya yakin kita akan selalu sehat," ucapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah PDIP Kalteng itu menambahkan, penyakit juga sering muncul ketika musim penghujan adalah wabah Demam Berdarah Dengue (DBD).

Baca juga: Legislator ingatkan masyarakat patuhi prokes meski ada vaksin

Dia mengatakan nyamuk DBD tersebut sangat senang berkembang biak di tempat-tempat yang lembab, seperti genangan air hujan di dalam botol, air di dalam pembuangan limbah rumah tangga dan lain sebagainya.

"Maka dari itu agar hal tersebut tidak berkembang di kota kita baik di kantor dan permukiman warga, gencarkan gotong royong di komplek maupun di kantor agar kita terhindar dari wabah DBD itu," ungkapnya.

Sebelum mengakhiri perbincangannya dengan ANTARA, Sigit menambahkan, semoga hal-hal yang dikhawatirkan selama ini tidak terjadi serta menyerang warga.

"Semoga saja daerah kita selalu aman dari hal-hal yang selama ini kami khawatirkan. Makanya ajak warga di komplek rumah untuk aktif melaksanakan gotong royong untuk menghindari munculnya wabah-wabah tersebut di musim penghujan," demikian Sigit.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Palangka Raya ajak warga bantu korban kebakaran

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya siap disuntik vaksin COVID-19

Baca juga: Legislator Palangka Raya dukung pembatasan aktivitas 14 hari

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar