TPS samping Stadion Batuah dialihkan, warga diminta tidak buang sampah sembarangan

id Pemkab barsel, buntok, barito selatan, tps stadion batuah, dinas lingkungan hidup, dlh, sampah

TPS samping Stadion Batuah dialihkan, warga diminta tidak buang sampah sembarangan

Pengumuman dipasang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barito Selatan pada bekas TPS yang berada di samping Stadion Batuah, Buntok, Kamis, (28/1/2021). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menyampaikan, tempat pembuangan sementara (TPS) yang berada di samping Stadion Batuah Buntok dialihkan ke tiga tempat.

"TPS Batuah Buntok sudah tidak difungsikan lagi dan dialihkan ke TPS yang berada di tiga tempat," kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Barito Selatan, Nanang Shalahuddin di Buntok, Jumat.

Ia menjelaskan, tiga TPS tersebut berada di Jalan Pahlawan depan pemancar Telkomsel, Jalan Tajuk dan depan Dermaga Kelurahan Jelapat.

"Kontainer TPS pada tiga tempat itu akan diangkut setiap hari dan untuk jam pengangkutannya tidak menentu tergantung isi kontainer," ucapnya.

Jadi diimbau kepada masyarakat khususnya di Buntok agar membuang sampah rumah tangganya di tiga tempat itu, serta jangan lagi membuang di TPS samping Stadion Batuah karena sudah tidak difungsikan lagi atau ditutup permanen.

"Sebab pada lokasi TPS samping Stadion Batuah Buntok merupakan lokasi kegiatan olahraga yang mulai ramai dikunjungi dan pada lokasi itu akan dibangun taman kota," jelasnya.

Dikatakannya, bagi masyarakat yang ingin pengambilan sampah dari rumahnya bisa berlangganan dengan TPS 3R Gang Swarga Buntok.

Menurut dia, setiap harinya akan dilakukan pengambilan sampah seperti untuk Jalan Barito Raya, Pelita Raya, Pembangunan hingga Jaya Karsa dari pukul 06.00-09.00 WIB.

"Untuk pengambilan sampah jalur Jalan Pahlawan bawah, Merdeka Raya, Uria Mapas dan Panglima Batur dilakukan petugas lapangan dari pukul 07.00-10.00 WIB setiap harinya," terang Nanang Shalahuddin.

Ketika ditanyakan bagaimana tingkat kesadaran masyarakat dalam membuang sampah dengan benar ke TPS, dikatakannya rendah, sebab masih banyak warga membuang sampah di luar bak penampungan yang sudah disediakan tersebut.