Produk UMKM Kotim dipasarkan di hotel berbintang

id Produk UMKM Kotim dipasarkan di hotel berbintang, Pemkab Kotim, UMKM, Rahmat Noor, Rahmat Kotim, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Produk UMKM Kotim dipasarkan di hotel berbintang

Ketua UMKM Harati Berkah, Rahmat Noor (kanan) bersama General Manager Aquarius Boutique Hotel Sampit, Didik Sakti Abadi dan Food and Beverage Manager hotel tersebut, Sistiarto, melihat lokasi untuk penjualan produk UMKM lokal di hotel itu, Kamis (18/2/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, semakin mendapat kepercayaan, bahkan dalam waktu dekat "naik kelas" karena akan dipasarkan di hotel berbintang.

"Rencananya mulai awal Maret sudah direalisasikan. Produk UMKM lokal mulai dipasarkan di outlet yang disiapkan di Hotel Aquarius Sampit. Ini sangat menggembirakan bagi kami," kata Ketua UMKM Harati Berkah, Rahmat Noor di Sampit, Senin.

Pria yang akrab disapa Rahmat Kotim ini mengaku sangat gembira dan berterima kasih kepada manajemen hotel bintang 4 tersebut. Produk UMKM lokal kini dipercaya untuk dipasarkan di hotel paling mewah di Sampit.

Dia mengapresiasi ini sebagai bentuk kepedulian pihak hotel membantu pelaku UMKM Kotawaringin Timur untuk bangkit keterpurukan. Pandemi COVID-19 yang melanda daerah ini sejak Maret 2020 lalu, menimbulkan dampak luas, termasuk bagi sektor UMKM.

Pihak hotel menyiapkan tempat di lobi hotel bagi pelaku UMKM memajang produk berupa kuliner dan kerajinan tangan untuk dijual. Harapannya tamu hotel tertarik membeli produk-produk tersebut untuk dikonsumsi dan dibawa pulang ke daerah asal sebagai oleh-oleh khas Sampit.

Awalnya Rahmat menyampaikan permohonan kepada manajemen hotel agar dibantu memasarkan produk UMKM lokal. Hal itu disambut positif oleh manajemen hotel yang kemudian ditindaklanjuti dengan pembahasan lebih lanjut.

Baca juga: Pelantikan Bupati Kotim berpeluang dilaksanakan tatap muka

"Tidak langsung begitu saja. Pihak hotel kami berikan sampel produk yang akan dijual, termasuk kuliner seperti camilan. Mereka mencicipinya dan mereka suka karena enak. Artinya produk yang kami tawarkan ini juga kualitasnya bagus sehingga memang layak dipasarkan di semua tempat, termasuk di hotel berbintang," kata Rahmat.

Belum lama ini Rahmat bersama General Manager Aquarius Boutique Hotel Sampit, Didik Sakti Abadi dan Food and Beverage Manager Aquarius Boutique Hotel Sampit, Sistiarto sudah membahas secara matang kerjasama ini.

Pihak hotel bahkan sudah menentukan lokasi "outlet" yang disiapkan untuk memajang produk-produk UMKM lokal. Rahmat dan kawan-kawan pun kini sedang mempersiapkan tempat yang menarik serta produk yang akan dijual di hotel tersebut.

"Kami berharap semakin banyak hotel yang membantu memfasilitasi kami memasarkan produk UMKM lokal. Kalau hotel berbintang 4 saja bersedia membantu, artinya produk UMKM lokal kita ini berkualitas. Mudah-mudahan ini menjadi langkah baik untuk kebangkitan sektor UMKM Kotawaringin Timur," harap Rahmat.

Rahmat mengajak seluruh pelaku UMKM untuk terus bersemangat mengembangkan usaha. Peningkatan kualitas produk menjadi hal sangat penting untuk menunjang pemasaran sehingga semakin banyak permintaan.

Baca juga: DPRD dorong pemerintahan baru Kotim bantu peningkatan Bandara Haji Asan