Petani di Seruyan perlu bantuan alat berat

id Dprd seruyan, wakil ketua dprd seruyan aswin, kuala pembuang, telaga pulang, bantuan exavator pertanian seruyan, alsintan, kalteng, kalimantan tengah

Petani di Seruyan perlu bantuan alat berat

Foto Dokumentasi - Wakil Ketua II DPRD Seruyan M Aswin di Kuala Pembuang, (5/1/2021). (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua II DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah M Aswin mendorong pemerintah kabupaten dapat memberikan bantuan alat berat untuk menunjang kegiatan pertanian masyarakat.

Salah satunya di Desa Telaga Pulang, Kecamatan Danau Sembuluh, masyarakat disana mengharapkan bantuan ekskavator untuk mengelola lahan pertanian, katanya di Kuala Pembuang, Jumat.

“Aspirasi tersebut adalah salah satu usulan yang disampaikan warga sekitar ketika kami reses di Daerah Pemilihan II yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya dan Danau Seluluk,” jelasnya.

Menurut Aswin, hal tersebut sangat penting direalisasikan dalam rangka mendukung aktivitas petani dalam mengolah lahan, sehingga hasil pertanian bisa ditingkatkan dan berdampak pada hasil panen dan kesejahteraan.

“Tentu dengan adanya alat tersebut para petani akan merasa terbantu, karena ini merupakan usulan langsung dari mereka,” ungkapnya.

Selain itu, alat tersebut juga bisa dipergunakan untuk mengolah parit dengan tujuan mengurangi perluasan penyebaran apabila terjadi kebakaran lahan. Setidaknya dapat mengantisipasi kebakaran yang besar.

Politisi Partai Nasdem itu menambahkan, saat ini Pemkab Seruyan sedang berupaya mewujudkan swasembada pangan. Maka selain memberikan bantuan pupuk dan lainnya, juga diperlukan bantuan seperti halnya ekskavator.

“Alat tersebut bisa digunakan untuk membuka lahan, artinya lahan pertanian kita akan semakin bertambah, otomatis hasilnya juga akan meningkat, sehingga dapat membantu mewujudkan Seruyan swasembada pangan,” demikian Aswin.

Pihaknya berharap agar dukungan pemerintah terhadap sektor pertanian bisa terus ditingkatkan, agar dalam pelaksanaannya para kelompok tani atau petani di lapangan bisa bekerja secara optimal guna meraih hasil terbaik.

Apabila hasil pertanian semakin baik, maka akan memberikan banyak manfaat bagi daerah, termasuk salah satunya peningkatan perekonomian masyarakat.