Ini waktu yang wajib untuk cuci tangan pakai sabun

id cuci tangan pakai sabun,Kapan waktu wajib cuci tangan pakai sabun,pandemi corona,covid 19

Ini waktu yang wajib untuk cuci tangan pakai sabun

Ilustrasi - Mencuci tangan. (ANTARA/Shutterstock.)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr. Imran Agus Nurali, Sp. KO, mengingatkan waktu-waktu wajib untuk mencuci tangan pakai sabun yang harus diterapkan masyarakat, terutama di saat pandemi.

Cuci tangan pakai sabun (CPTS), kata dia, wajib dilakukan setelah beraktivitas, setelah buang air besar, sebelum makan, sebelum mengolah makanan, sebelum menyusui, setelah menceboki bayi dan setelah bersentuhan dengan hewan.

"Cuci tangan pakai sabun bukan cuma selama pandemi, tapi di luar pandemi juga tetap harus dilakukan," kata Imran dalam webinar, Rabu.

Baca juga: Pentingnya periksa kandungan 'hand sanitizer' sebelum membeli

Imran menjelaskan, setiap orang perlu menjadikan CTPS sebagai perilaku yang mudah dan sederhana dikenalkan sejak dini serta bermanfaat mencegah berbagai penyakit termasuk COVID-19. Dia berharap, informasi yang berulang dan berkelanjutan mengenai CPTS bisa membuat kebiasaan ini berubah jadi kebutuhan masyarakat yang akan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"CPTS kalau diajarkan sejak usia dini akan jadi kebutuhan, sampai dewasa dia akhirnya terbiasa," ujar Imran.

Mencuci tangan bisa mengurangi risiko penularan virus karena tangan bisa mengantar bakteri ke mulut, hidung atau mata. Rajin mencuci tangan bisa mengurangi risiko terkena penyakit gangguan pencernaan seperti diare hingga hepatitis A.

Selain memakai sabun, mencuci tangan juga harus dilakukan secara benar. Ada beberapa tahap mencuci tangan yang benar, mulai dari menggosok kedua telapak tangan dengan sabun, kemudian menggosok punggung tangan kanan dengan telapak tangan kiri maupun sebaliknya.

Selanjutnya, bersihkan sela-sela jari, letakkan punggung jari saling mengunci kemudian gosok-gosokan punggung tangan, lanjut jempol tangan digosok memutar oleh tangan kiri dan sebaliknya terakhir jari kiri menguncup, gosok mundur ke kanan dan kiri pada telapak kanan dan sebaliknya.

Pentingnya cuci tangan juga membuat kalangan musisi tahun lalu turut membantu mempromosikan kebiasaan baik ini kepada masyarakat lewat lagu berdurasi 20 detik untuk menemani cuci tangan yang benar dan menyenangkan.

Baca juga: Begini cara gunakan 'hand sanitizer' secara efektif

Baca juga: Kulit kering akibat sering cuci tangan, ini cara mengatasinya

Baca juga: Pakar kesehatan imbau jangan berlebihan cuci tangan pakai disinfektan