Ini harapan legislator pada pengurus baru IBI Gumas

id Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah ,Cici Susilawati,Ini harapan legislator pada pengurus baru IBI Gumas

Ini harapan legislator pada pengurus baru IBI Gumas

Legislator Kabupaten Gumas Cici Susilawati. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Cici Susilawati berharap pengurus baru Ikatan Bidan Indonesia (IBI) kabupaten setempat dapat meningkatkan peran organisasi dalam melayani masyarakat.

“IBI Gumas baru saja melakukan musyawarah cabang dan telah terpilih ketua yang baru. Saya harap ketua yang baru bersama jajaran pengurus dapat meningkatkan peran organisasi dalam melayani masyarakat,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Senin.

Politisi Partai Demokrat ini menyebut, bidan berperan dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), yang secara lebih luas lagi mendorong terjadinya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Di tengah terjadinya pandemi COVID-19 seperti saat ini, ujar perempuan kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing itu, bidan juga berperan memberi pemahaman terkait protokol kesehatan bagi masyarakat.

Baca juga: Legislator Gumas ajak pelajar segera lakukan perekaman e-KTP

Melihat semua itu, dia mengapresiasi IBI Gumas yang selama ini telah berperan dan ambil bagian dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

“Saya harap ke depan keberadaan IBI Gumas semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” wakil rakyat dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Sebelumnya, Yetri Rayunie terpilih sebagai Ketua IBU Gumas masa bakti 2018-2023, menggantikan Armelin yang sebelumnya menjabat pada masa bakti 2013-2018. Yutri Rayunie terpilih menjadi ketua usai memperoleh suara terbanyak saat pelaksanaan Muscab II IBI Gumas, di Kuala Kurun, Sabtu (10/4).

“Ada lima calon yakni Yetri Rayunie, Dian Magdalena, Witta Arnaz, Ribka Susanti dan Ira Mingchilina. Yetri Rayunie memperoleh suara terbanyak dibanding empat calon lainnya,” ucap Ketua IBI Gumas masa bakti 2018-2023 Armelin.

Baca juga: DPKP Kabupaten Gumas paparkan analisa laba budi daya ikan

Dia mengakui, pandemi COVID-19 membuat IBI Gumas cenderung vakum dan tidak bisa melakukan bakti sosial seperti tahun-tahun sebelumnya. Diharapkan pengurus yang baru membuat IBI Gumas kembali aktif melakukan berbagai kegiatan termasuk bakti sosial.

Yutri Rayunie meminta dukungan dari seluruh pihak, khususnya pengurus lama, pengurus baru, serta anggota, agar semakin memajukan IBI Gumas. Ia berharap kerja sama antara pengurus dan anggota akan terjalin dengan baik.

“Untuk pengurus yang baru, dalam waktu dekat akan segera disusun, nanti akan ada pertemuan lagi dengan pengurus harian. Semoga dalam beberapa hari ke depan ini sudah terbentuk,” jelasnya.

Baca juga: Shalat tarawih di Gumas tetap berlakukan protokol kesehatan

Baca juga: Peroleh suara terbanyak, Yetri Rayunie terpilih sebagai Ketua IBI Gumas

Baca juga: Disdukcapil Gumas diminta terus berinovasi demi ketertiban adminduk