Sebanyak 75 desa di Barsel bakal laksanakan pemilihan anggota BPD

id DSPMDKabupaten Barito Selatan,Kabupaten Barito Selatan,Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah,Alber

Sebanyak 75 desa di Barsel bakal laksanakan pemilihan anggota BPD

Kabid Administrasi Kelembagaan Desa pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barito Selatan, Albertus. ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mencatat ada sebanyak 75 desa di wilayah setempat yang bakal melaksanakan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada tahun 2021 ini.

"Sebanyak 75 desa itu tersebar di enam kecamatan di daerah ini," kata Kabid Administrasi Kelembagaan Desa DSPMD Kabupaten Barito Selatan Albertus di Buntok, Kamis.

Ia menjelaskan, pemilihan anggota BPD pada 2021 ini terdiri dari 65 desa yang pelaksanaannya tahun 2020, dan ditambah 10 desa pada 2021, sehingga total desa yang melaksanakan pemilihan sebanyak 75 desa.

Albertus menyampaikan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri terkait dengan pelaksanaan pemilihan anggota BPD pada 2021 ini.

"Berdasarkan hasil koordinasi, kita tinggal menentukan bulan dan tanggal pelaksanaannya saja," bebernya.

Menurut dia, pihaknya merencanakan untuk pelaksanaan pemilihan anggota BPD ini dapat dilaksanakan sesudah lebaran Idul Fitri mendatang.

"Untuk pelaksanaannya, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan (Prokes) sesuai dengan yang telah dianjurkan pemerintah," ucap Albertus.

Baca juga: Sebanyak 35.127 kepala keluarga di Barsel jadi target pendataan

Begitu juga dalam pelaksanaannya nanti lanjut dia, dengan melihat status zona penyebaran Corona Virus Disease-19 (COVID-19) pada masing-masing desa yang akan melaksanakan pemilihan anggota BPD tersebut.

"Kalau pada suatu desa yang wilayahnya masuk zona merah penyebaran COVID-19, maka pelaksanaan pemilihannya dilaksanakan secara musyawarah mufakat saja," terang Albertus.

Namun kata dia, kalau memang pada suatu desa itu nantinya masuk dalam zona hijau, pemilihan anggota BPD bisa dilaksanakan secara langsung dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah.

"Kita berharap, pelaksanaan pemilihan anggota BPD nantinya berjalan dengan aman, lancar dan sukses sesuai dengan harapan bersama masyarakat di masing-masing desa," demikian Albertus.

Baca juga: Harga kebutuhan pokok di Barsel masih stabil

Baca juga: Silpa APBD 2020 Barsel sebesar Rp84 miliar lebih

Baca juga: Pencairan DD tahap pertama Barsel baru dilakukan 25 desa