Diskominfosantik Gumas siap dukung SP2020 lanjutan

id Diskominfosantik Gumas,gunung mas,Diskominfosantik Gumas siap dukung SP2020 lanjutan

Diskominfosantik Gumas siap dukung SP2020 lanjutan

Kepala Diskominfosantik Kabupaten Gumas Ruby Haris (kiri) menerima kunjungan Kepala BPS Kabupaten Gumas Waras, di ruang kerjanya di Kuala Kurun, Selasa (25/5/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Ruby Haris menyatakan pihaknya siap mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) lanjutan.

“Kami siap mendukung Badan Pusat Statistik (BPS) Gumas yang akan melakukan SP2020 lanjutan pada pertengahan Agustus hingga September 2021 mendatang,” ucap Ruby usai menerima kunjungan BPS Gumas di ruang kerjanya di Kuala Kurun, Selasa.

Dia menyebut, nantinya Diskominfosantik Gumas siap membantu menyosialisasikan pelaksanaan SP2020 lanjutan kepada masyarakat luas melalui berbagai media yang dikelola, termasuk menggunakan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Hamauh Fm.

Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh Diskominfosantik Gumas, maka diharap masyarakat di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau tidak kaget dan mendukung penuh pelaksanaan SP2020 lanjutan.

Baca juga: Perusda Gunung Mas Perkasa ekspor moulding kayu ke Korsel

Bahkan, tutur dia, saat pelaksanaan SP2020 lanjutan dimulai rencananya Diskominfo Gumas akan menyiapkan tim dalam pendataan tersebut. Dia pun mengajak masyarakat yang nantinya menjadi responden agar mendukung pelaksanaan SP2020 lanjutan.

Sementara itu, Kepala BPS Gumas Waras mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan SP 2020 lanjutan atau sensus penduduk long form (LF). Sensus penduduk lanjutan ini hanya dilakukan kepada sebagian masyarakat.

Kunjungan yang dilakukan oleh BPS Gumas adalah dalam rangka koordinasi dan konsolidasi dengan Diskominfo Gumas terkait pelaksanaan SP2020 lanjutan. Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gumas.

 Baca juga: Ketua DPRD Gumas sambut baik beroperasinya Bank Kalteng KCP Sepang

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan akan ada perangkat daerah lain yang juga digandeng dalam pelaksanaan SP2020 lanjutan. Kemungkinan ada atau tidaknya perangkat daerah lain yang dilibatkan sembari menunggu petunjuk dari pusat.

Pada pelaksanaan SP2020, sambung dia, dukungan seluruh pihak di Gumas sangat baik. Salah satunya terlihat dari capaian response rate yang melebihi target yakni sebesar 155,09 persen.

“Nanti saat SP LF kami kembali memohon dukungan dan partisipasi masyarakat. Bagi yang menjadi sampel kami harap menerima petugas yang datang dan menjawab pertanyaan dengan sebaik-baiknya serta sesuai kenyataan,” demikian Waras.

Baca juga: Desa/kelurahan di Gumas diminta aktif perbarui profil

Baca juga: Keluarga diharapkan dorong orang tua di Gumas ikuti vaksinasi COVID-19

Baca juga: Lima desa di Gumas jadi sasaran program Pamsimas 2021