Keluarga diharapkan dorong orang tua di Gumas ikuti vaksinasi COVID-19

id Pemkab gumas, wabup gumas efrensia lp umbing, vaksinasi massal lansia gumas, gunung mas, kuala kurun, kalteng, kalimantan tengah

Keluarga diharapkan dorong orang tua di Gumas ikuti vaksinasi COVID-19

Wabup Gumas Efrensia LP Umbing (tengah) bersama Kapolres AKBP Rudi Asriman (kanan) dan Anggota DPRD Iceu Purnamasari (kiri) di Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Sabtu, (22/5/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Efrensia LP Umbing mengimbau kepada warga lanjut usia di kabupaten setempat agar tidak ragu mengikuti vaksinasi COVID-19, guna meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, keluarga atau para anak juga diminta mendorong orang tua mengikuti vaksinasi, kata Efrensia usai mengikuti pertemuan daring dengan Kapolda Kalteng, di UPT Puskesmas Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Sabtu.

“Seyogyanya anak atau cucu mendorong orang tua atau kakek dan neneknya mengikuti vaksinasi, karena tujuannya adalah untuk melindungi dari COVID-19,” ucapnya.

Oleh sebab itu, perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gumas ini mengimbau kepada keluarga agar mendorong serta mendampingi orang tua atau para lansia mengikuti vaksinasi COVID-19.

Terlebih, saat ini Gumas sudah memulai vaksinasi massal COVID-19 bagi lansia di 10 Puskesmas di delapan kecamatan, pada Sabtu (22/5). Vaksinasi massal COVID-19 lansia akan dilanjutkan pada Minggu (23/5) dan kemudian secara rutin, 10 hari ke depan.

Adapun 10 puskesmas yang melaksanakan vaksinasi massal COVID-19 lansia adalah Puskesmas Sepang Simin di Kecamatan Sepang, Puskemas Kampuri di Kecamatan Mihing Raya. Kemudian Puskesmas Kurun, Tampang Tumbang Anjir, dan Tewang Pajangan, ketiganya di Kecamatan Kurun.

Lalu Puskesmas Tumbang Jutuh di Kecamatan Rungan, Puskesmas Rabambang di Kecamatan Rungan Barat, Puskesmas Tumbang Talaken di Kecamatan Manuhing, Puskesmas Tewah di Kecamatan Tewah, dan Puskesmas Tumbang Miri di Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

“Saya sendiri sudah mengikuti vaksinasi COVID-19, baik dosis pertama maupun kedua. Tidak ada gejala atau dampak apa-apa, jadi masyarakat termasuk lansia saya imbau mau divaksin,” paparnya.

Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman turut mengimbau warga di kabupaten itu, khususnya kaum lansia untuk tidak ragu mengikuti vaksinasi COVID-19, karena sudah terbukti aman dan dinyatakan halal.

“Vaksinasi COVID-19 tujuannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, jadi saya harap masyarakat tidak ragu mengikutinya. Adanya vaksinasi diharapkan penyebaran COVID-19 dapat dicegah,” demikian Kapolres Gumas.