Desa/kelurahan di Gumas diminta aktif perbarui profil

id gunung mas,gumas,Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah,Nomi Aprilia ,Desa/kelurahan di Gumas diminta aktif perbarui profil desa/kelurahan

Desa/kelurahan di Gumas diminta aktif perbarui profil

Legislator Kabupaten Gumas Nomi Aprilia (mengenakan topi) dan Lily Rusnikasi (batik merah) saat mengunjungi kantor Pemerintah Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, awal Mei 2021 lalu. (ANTARA/HO – Dokumentasi pribadi)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Nomi Aprilia meminta kepada pemerintah desa/kelurahan di kabupaten setempat agar aktif memperbarui profil desa/kelurahan masing-masing, setiap tahun.

Sebab, profil desa/kelurahan sangat penting sebagai dasar dalam menyusun perencanaan dan program pembangunan di desa/kelurahan, kata Nomi saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Senin.

"Profil desa/kelurahan sangat penting untuk mendukung kelancaran pembangunan. Jadi saya minta kepada pemerintah desa/kelurahan di Gumas agar aktif memperbaharui profil desa/kelurahan masing-masing setiap tahunnya," ucapnya.

Profil desa/kelurahan merupakan data menyeluruh mengenai karakter desa/kelurahan, yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, hingga permasalahan desa/kelurahan.

Baca juga: Keluarga diharapkan dorong orang tua di Gumas ikuti vaksinasi COVID-19

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) ini menyebut, keberadaan profil desa/kelurahan menjadi dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat yang ada di desa/kelurahan.

Ketersediaan data yang valid, tutur wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini, merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan pembangunan.

Oleh sebab itu, keberadaan profil desa/kelurahan sangat penting dalam mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah. Adanya gambaran yang lengkap dari suatu desa/kelurahan akan memudahkan berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan.

Lebih lanjut, baru-baru ini Nomi melakukan pemantauan langsung ke beberapa pemerintah kelurahan, di mana diketahui beberapa pemerintah kelurahan sedang memproses pembaruan profil kelurahan. Dia berharap proses tersebut dapat segera selesai, mengingat pentingnya profil kelurahan.

Secara umum, dia meminta kepada pemerintah desa/kelurahan agar berkonsultasi dengan camat atau perangkat daerah terkait, jika menemui kendala dalam memperbarui profil desa/kelurahan, supaya profil desa/kelurahan yang dihasilkan benar-benar valid dan akurat.

Salah satu pemerintah kelurahan yang sedang memproses pembaruan profil kelurahan adalah Pemerintah Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun.

“Kami sedang memproses dan melengkapi berbagai data untuk keperluan profil kelurahan. Semoga dalam waktu dekat proses pembaruan profil kelurahan dapat segera selesai,” jelas Lurah Tampang Tumbang Anjir Berjoaldi.

Baca juga: Lima desa di Gumas jadi sasaran program Pamsimas 2021

Baca juga: Masyarakat Gumas diminta tak lagi simpan uang di bawah bantal

Baca juga: Gumas jadwalkan vaksinasi massal COVID-19 lansia serentak di 10 puskesmas