Gumas jadwalkan vaksinasi massal COVID-19 lansia serentak di 10 puskesmas

id Gunung mas,gumas,Gumas jadwalkan vaksinasi massal COVID-19 lansia serentak di 10 puskesmas

Gumas jadwalkan vaksinasi massal COVID-19 lansia serentak di 10 puskesmas

Sekretaris Dinkes Kabupaten Gumas Evelnie. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 bagi lanjut usia (lansia) secara serentak, di 10 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang tersebar di delapan kecamatan, 22-23 Mei 2021 mendatang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Gumas Evelnie saat dibincangi di Kuala Kurun, Kamis mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 lansia secara serentak rencananya dilaksanakan di masing-masing puskesmas.

“Vaksinasi massal COVID-19 lansia rencananya dimulai pada pukul 09.00-12 WIB. Ini merupakan upaya percepatan pelayanan vaksinasi, khususnya bagi lansia yang ada di Gumas,” ucap Evelnie.

Adapun ke 10 puskesmas yang akan melaksanakan vaksinasi massal COVID-19 lansia adalah Puskesmas Sepang Simin di Kecamatan Sepang, dan Puskesmas Kampuri di Kecamatan Mihing Raya.

Kemudian Puskesmas Kurun, Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, dan Puskesmas Tewang Pajangan di Kecamatan Kurun. Puskesmas Tumbang Jutuh di Kecamatan Rungan, dan Puskesmas Rabambang di Kecamatan Rungan Barat.

“Lalu Puskesmas Tumbang Talaken di Kecamatan Manuhing, Puskesmas Tewah di Kecamatan Tewah, dan Puskesmas Tumbang Miri di Kecamatan Kahayan Hulu Utara,” papar Sekretaris Dinkes Gumas.

Dia pun meminta kepada camat, lurah, dan kepala desa agar memfasilitasi lansia, guna mengikuti pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19, sesuai dengan jadwal dan jumlah sasaran yang ditentukan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nia Ernawaty menjelaskan bahwa vaksinasi COVID-19 bagi lansia menjadi prioritas, karena lansia memiliki risiko yang tinggi jika terpapar COVID-19.

Pemkab Gumas melalui Dinkes menargetkan 9.211 lansia di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau mengikuti vaksinasi COVID-19. Namun hingga 19 Mei 2021 baru ada 186 lansia yang mengikuti vaksinasi COVID-19.

Nia mengimbau kepada lansia agar tidak ragu mengikuti vaksinasi COVID-19, karena vaksin telah terbukti aman dan dinyatakan halal. Bagi lansia yang ingin menjalani vaksinasi COVID-19 cukup membawa kartu tanda penduduk atau kartu keluarga.