10 jenis durian Tabalong dapat sertifikat perlindungan varietas

id durian Tabalong,Tanjung ,varietas tanaman,10 jenis durian Tabalong dapat sertifikat perlindungan varietas,Kabupaten Tabalong

10 jenis durian Tabalong dapat sertifikat perlindungan varietas

Ilustrasi - Durian Tabalong. (Ist)

"Ada 10 jenis durian asal Tabalong yang spesifik terdaftar di PPVTP sejak 2018 - 2019,"
Tanjung (ANTARA) - Sepuluh jenis durian di Kabupaten Tabalong telah mendapatkan sertifikat hak perlindungan varietas tanaman dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP).

Hal ini disampaikan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Selatan Muhammad Amin saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tabalong, Kamis (10/6).

"Ada 10 jenis durian asal Tabalong yang spesifik terdaftar di PPVTP sejak 2018 - 2019," jelas Amin.

Durian lokal yang mendapatkan sertifikat perlindungan varietas antara lain durian lokal Layung Burum, Tandak Uya, Pempakin Merah, Layung Pujung, Gantar Bumi Uya, Likol Burum dan Likoi Kuning.

 Nama varietas durian itu sendiri disesuaikan dengan tempat tumbuhnya seperti Layung Burum berasal dari Desa Burum Kecamatan Bintang Ara atau Gantar Bumi Uya dari Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengakui durian lokal di 'Bumi Saraba Kawa' ini memang dikenal lezat.

Namun bukan jaminan akan disukai orang luar mengingat bakal masuknya orang dari Pulau Jawa  seiring perpindahan ibukota negara baru ke Provinsi Kalimantan Timur yang berbatasan dengan Tabalong.

"Kita perlu mengembangkan varietas durian yang bisa digemari orang luar Tabalong," ungkap Anang.

Karena itu Anang meminta BPTP Kalimantan Selatan perlu melakukan pengkajian agar varietas durian lokal Tabalong bisa direkayasa sehingga memiliki efek samping lebih rendah bagi kesehatan.