Kapolda tegaskan tak ada ruang bagi premanisme beraksi di Kalteng

id Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kalimantan Tengah, Polda Kalimantan Tengah, Polda, Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Kalteng, preman

Kapolda tegaskan tak ada ruang bagi premanisme beraksi di Kalteng

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo mengingatkan sekaligus menginstruksikan seluruh jajaran polres di provinsi setempat, menjalankan perintah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk tidak memberikan ruang terhadap premanisme beraksi.

"Mencegah dan menindak aksi premanisme di tengah masyarakat, Polda Kalteng telah meluncurkan Crisis Response Team (CRT) di setiap polres jajaran," kata Dedi di Palangka Raya, Jumat.

Dikatakan, personel CRT yang digerakkan sebagai upaya memberantas premanisme di sejumlah daerah, dilengkapi persenjataan serta diberikan kendaraan operasional roda dua. Di mana personel tersebut juga akan melakukan patroli di setiap wilayah dalam menindak dan mencegah aksi premanisme.

Tidak hanya itu, Polda Kalteng juga memiliki 'Tim Raimas Backbone' yang senantiasa berpatroli ke kawasan rawan kejahatan maupun gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) lainnya.

"Pada intinya personel Polda Kalteng juga siap menjalankan instruksi bapak Kapolri dalam memberantas premanisme. Bahkan kami juga tidak akan memberikan sedikitpun celah bagi premanisme untuk melancarkan aksinya di wilayah hukum polda setempat," katanya.

Baca juga: Kapolda Kalteng perintahkan jajarannya fasilitasi lansia untuk divaksinasi

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh polda untuk menindak tegas aksi premanisme. Hal ini menyusul adanya instruksi langsung dari Presiden Indonesia Joko Widodo untuk menindak tegas preman yang sering melakukan pemalakan terhadap sopir kontainer di wilayah Jakarta. 

Pemberantasan aksi premanisme dilakukan demi menjamin keselamatan dan memberi rasa tenang kepada masyarakat. Karena selama ini juga apa yang dilakukan aksi preman yang tidak diketahui oleh kepolisian, sudah sangat meresahkan masyarakat.

"Apabila ada tindakan premanisme yang sangat mengganggu keamanan masyarakat, maka warga disarankan jangan takut untuk melaporkannya ke kantor polisi terdekat untuk ditindak lanjuti," bebernya.

Berdasarkan pantauan dari ANTARA, jajaran polda Kalteng dan Polresta Palangka Raya hampir setiap malam melakukan patroli di wilayah hukumnya. Hal tersebut dilakukan agar suasana kondusif di ibu kota provinsi setempat, dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dari premanisme serta pelaku kejahatan lainnya.

Baca juga: Ditlantas Polda Kalteng ingatkan tilang elektronik segera diberlakukan

Baca juga: Tangani karhutla di Kalteng, Polda siapkan kendaraan taktis