Cepat tanggap, PT Unggul Lestari salurkan bantuan untuk korban banjir Tumbang Kalang

id Cepat tanggap, PT Unggul Lestari salurkan bantuan untuk korban banjir Tumbang Kalang, Kalteng, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, Antang kalang,Unggul

Cepat tanggap, PT Unggul Lestari salurkan bantuan untuk korban banjir Tumbang Kalang

Humas PT Unggul Lestari Ali Akbar menyerahkan bantuan sembako untuk korban banjir yang diterima Kepala Desa Tumbang Kalang, Yulius Supriadi disaksikan Wakil Bupati Irawati, Sabtu (17/7/2021). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

Sampit (ANTARA) - Respons cepat ditunjukkan Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Unggul Lestari terhadap korban banjir di Kecamatan Antang Kalang Kabupaten Kotawaringin Timur, khususnya di Desa Tumbang Kalang yakni dengan memberikan bantuan sembako.

"Begitu mendapat informasi terjadi banjir, kami langsung berkoordinasi untuk menyalurkan bantuan kepada saudara-saudara kita yang menjadi korban banjir di Desa Tumbang Kalang ini," kata General Manager PT Unggul Lestari, Toris saat dihubungi, Sabtu.

Bantuan yang diserahkan PT Unggul Lestari hari ini berupa sembako sebanyak 150 paket. Setiap paket berisi keperluan dapur yakni beras, mi instan dan minyak goreng.

Bantuan diserahkan kepada Pelaksana Tugas Camat Antang Kalang, Watmin dan Kepala Desa Tumbang Kalang Yulius Supriadi. Penyerahan bantuan juga disaksikan Wakil Bupati Irawati dan Kepala Pelaksana BPBD Kotawaringin Timur Muhammad Yusuf yang datang memantau kondisi banjir tersebut.

Selanjutnya bantuan dibagikan oleh pemerintah desa kepada warga yang benar-benar membutuhkan. Pemerintah desa sudah memiliki data warga mereka yang berhak menerima bantuan tersebut.

Toris mengatakan, aksi cepat tanggap ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan mereka terhadap masyarakat yang sedang mengalami musibah banjir. Mereka berinisiatif melakukan itu sebagai upaya membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban banjir.

Ini juga wujud pelaksanaan program "corporate social responsibility" (CSR) atau program tanggung jawab sosial perusahaan PT Unggul Lestari kepada masyarakat. Bantuan yang diberikan berupa sembako karena dinilai dibutuhkan agar warga bisa tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari selama tidak bisa beraktivitas akibat banjir.

Humas PT Unggul Lestari Ali Akbar menyerahkan bantuan sembako untuk korban banjir yang diterima Pelaksana Tugas Camat Antang Kalang, Watmin disaksikan Wakil Bupati Irawati, Sabtu (17/7/2021). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

Bantuan tersebut diharapkan bermanfaat, apalagi banjir masih terjadi hingga saat ini. Dia berharap banjir segera surut sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan normal.

"Kami juga terus memantau dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat terkait perkembangan kondisi banjir. Kami sebisanya membantu pemerintah dan masyarakat kita yang menjadi korban banjir," kata Toris.

Wakil Bupati Irawati menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada PT Unggul Lestari yang telah menunjukkan kepedulian dengan membantu korban banjir di Kecamatan Antang Kalang. Dia berharap kepedulian ini menjadi contoh bagi perusahaan lainnya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kami berharap kepedulian seperti ini terus dilakukan perusahaan. Bahkan kami berharap bantuan juga diberikan pada program-program lain yang dibutuhkan masyarakat karena anggaran pemerintah daerah cukup terbatas sehingga perlu dukungan dunia usaha," kata Irawati.

Sementara itu, bantuan tersebut disambut gembira pemerintah dan masyarakat setempat. Bantuan tersebut dinilai sangat bermanfaat karena memang dibutuhkan warga yang menjadi korban banjir.

"Kami atas nama pemerintah desa dan mewakili masyarakat, mengucapkan terima kasih atas aksi cepat tanggap PT Unggul Lestari memberikan bantuan untuk masyarakat. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa kami yang saat ini dilanda banjir," kata Pelaksana Tugas Camat Antang Kalang, Watmin.

Baca juga: Masyarakat antusias sambut budidaya kambing semi modern bantuan PT Unggul Lestari

Baca juga: PT Unggul Lestari buat terobosan sosialisasikan pencegahan karhutla di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: PT Unggul Lestari kembali berikan ratusan sembako untuk masyarakat desa sekitar perusahaan