Enam pokdakan di Gumas terima bantuan benih dan pakan ikan

id gunung mas, Kalimantan Tengah ,Letus Guntur,Enam pokdakan di Gumas terima bantuan benih dan pakan ikan

Enam pokdakan di Gumas terima bantuan benih dan pakan ikan

Kepala DPKP Kabupaten Gumas Letus Guntur (tegah) dan lainnya menyalurkan bantuan bibit dan pakan ikan kepada Pokdakan Hantaring I, di Kelurahan Tumbang Napoi, Kecamatan Miri Manasa, Rabu (28/7/2021). (ANTARA/HO-DPKP Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Letus Guntur mengatakan enam kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di daerah itu telah mendapat bantuan benih dan pakan ikan, pada tahun 2021 ini.

“Tahun ini ada 15 pokdakan yang mendapat bantuan benih dan pakan ikan. Bantuan benih dan pakan ikan sudah kami salurkan kepada enam pokdakan dan sisanya akan segera disalurkan,” ucap Letus di Kuala Kurun, Jumat.

Dia menjelaskan, enam pokdakan yang telah menerima bantuan benih dan pakan ikan adalah Pokdakan Berkat Kapakat Pahari dari Desa Tumbang Habaon Kecamatan Tewah, yang mendapat bantuan 8.400 bibit nila, 4.000 bibit gurame, dan 8.600 bibit patin.

Pokdakan Handak Maju dari Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara mendapat bantuan 10.500 bibit gurame, dan Pokdakan Dandang Maju Bersama dari Desa Dandang Kecamatan Kahayan Hulu Utara mendapat bantuan 15.000 bibit lele.

Baca juga: Berikut realisasi pajak sarang walet di Kabupaten Gunung Mas

Lalu Pokdakan Hapakat Mahaga dari Desa Tumbang Sian Kecamatan Kahayan Hulu Utara mendapat bantuan 12.600 bibit gurame, Pokdakan Hantaring I dari Kelurahan Tumbang Napoi Kecamatan Miri Manasa mendapat bantuan 10.500 bibit gurame, dan Pokdakan Katohoi Tohun dari Desa Tumbang Koroi Kecamatan Miri Manasa mendapat bantuan 24.420 bibit gurame.

Mantan Kepala Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kabupaten Gumas itu menyebut, selain mendapat bantuan bibit ikan, enam pokdakan tadi juga mendapat bantuan pakan ikan.

Lebih lanjut, sembilan pokdakan yang juga akan mendapat bantuan bibit dan pakan ikan adalah Pokdakan Sejahtera Bersama Samui dari Desa Tumbang Samui Kecamatan Manuhing Raya, dan Pokdakan Pukung Banuas dari Desa Tumbang Kajuei Kecamatan Rungan.

Kemudian Pokdakan Lewu Berengzone dari Desa Bereng Jun Kecamatan Manuhing, Pokdakan Hakimbing Lenge dari Desa Tumbang Kuayan Kecamatan Rungan Barat, Pokdakan Mitra Bersama dari Desa Talangkah Kecamatan Rungan.

Pokdakan Riak Puran dari Desa Teluk Nyatu Kecamatan Kurun, Pokdakan Beringin dari Desa Sepang Kota Kecamatan Sepang, Pokdakan Petak Kasambuyan dari Desa Hurung Bunut Kecamatan Kurun, dan Pokdakan Berdikari dari Desa Petak Bahandang Kecamatan Kurun.

“Bantuan bibit dan pakan ikan yang disalurkan ini sebagian berasal dari APBD Kabupaten Gumas tahun anggaran 2021 dan ada juga yang berasal dari dana aspirasi sejumlah anggota DPRD Kabupaten Gumas,” jelas Letus.

Baca juga: Bunda PAUD Gumas tekankan pentingnya budaya membaca sejak dini

Baca juga: Bupati dan DPRD Gumas tandatangani persetujuan bersama empat raperda

Baca juga: Poktan di Gumas panen jagung hibrida dalam 100 hari

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021