Pemkot Palangka Raya hibahkan sejumlah fasilitas ke RS darurat COVID-19

id Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, Kota Palangka Raya, Kalteng

Pemkot Palangka Raya hibahkan sejumlah fasilitas ke RS darurat COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo (kiri) saat menyerahkan peralatan pendukung operasional RS kepada Dandim 1016 Palangka Raya Kolonel Inf Rofiq Yusuf di Palangka Raya, Rabu (84/8/2021). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, menyerahkan hibah kepada pihak Kodim 1016 berupa sejumlah peralatan penunjang operasional Rumah sakit Darurat dan Isolasi COVID-19.

"Kami mewakili Wali kota mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodim 1016/Plk yang telah banyak membantu dalam menangani wabah COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo, Rabu.

Andjar pun berharap dengan adanya hibah tersebut penanganan pasien COVID-19 di kota setempat semakin maksimal sehingga semangat untuk warga yang terpapar virus untuk sembuh juga meningkat.

Penyerahan hibah tersebut dilakukan Andjar kepada Dandim 1016 Palangka Raya Kolonel Inf Rofiq Yusuf di lingkungan makodim setempat. Diantara hibah tersebut seperti alat semprot, larutan desinfektan, thermogun, tensimeter digital dan tensimeter manual.

Kemudian stetoskop, kipas angin, "Air Cooler" dan tempat cuci tangan serta peralatan penunjang operasional rumah sakit darurat lainnya.

Sementara itu, Kolonel Inf Rofiq Yusuf berharap dengan adanya bantuan hibah tersebut dapat melengkapi peralatan  dan dapat memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat yang terpapar COVID-19.

"Terima kasih untuk pemerintah kota, mari kita saling bersinergi dalam mengakhiri dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di 'Kota Cantik' ini," tutupnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya beri keringanan pembayaran PBB

Dia pun menegaskan pihaknya akan selalu siap mendukung dan terlibat langsung dalam penanganan COVID-19 mulai dari sosialisasi, operasi yustisi dan kegiatan lain. Untuk itu, diajak seluruh lapisan masyarakat di kota setempat selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Apalagi berdasar data Satgas COVID-19 Palangka Raya pada Rabu masih tercatat penambahan 61 kasus positif COVID-19 sehingga akumulasi warga Palangka Raya yang positif terjangkit virus tersebut mencapai 9.846 orang.

Meski demikian di waktu yang sama juga tercatat terjadi penambahan 84 orang sehingga akumulasi masyarakat sembuh dari virus corona itu mencapai 8.111 jiwa atau 82,38 persen dari total kasus positif.

Baca juga: Warga Palangka Raya diimbau kibarkan Bendera Merah Putih selama Agustus