Legislator Gumas masih temukan pedagang pasar tidak gunakan masker

id Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah,Rayaniatie Djangkan ,Legislator Gumas masih temukan pedagang pasar tidak gunakan masker,protokol ke

Legislator Gumas masih temukan pedagang pasar tidak gunakan masker

Legislator Kabupaten Gumas Rayaniatie Djangkan. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Rayaniatie Djangkan meminta kepada para pedagang yang berjualan di wilayah setempat agar selalu disiplin dalam menggunakan masker.

“Dari pantauan saya, masih ada beberapa pedagang di pasar yang tidak menggunakan masker. Saya ingatkan kepada para pedagang agar selalu disiplin dalam menggunakan masker,” ucap Rayaniatie saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini menyayangkan masih ada pedagang yang tidak menyadari pentingnya menggunakan masker, di tengah terjadinya pandemi COVID-19 seperti ini.

Pedagang yang tidak menggunakan masker, tutur dia, tentunya sangat rentan terpapar COVID-19. Terlebih pasar merupakan tempat yang ramai dikunjungi masyarakat, sehingga sangat rawan terjadi penularan COVID-19.

Baca juga: Pelajar di Gumas antusias ikuti Vaksinasi Drive-Thru
 
Untuk mencegah agar tidak tertular COVID-19 maka sebaiknya pedagang menggunakan masker, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Tidak hanya pedagang, pembeli pun sebaiknya menggunakan masker.

“Pembeli hendaknya jangan ragu mengingatkan pedagang jika pedagang tidak mengenakan masker. Begitu juga sebaliknya, pedagang jangan ragu mengingatkan pembeli jika pembeli tidak mengenakan masker,” tuturnya.

Lebih lanjut, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker dua lapis, arena adanya varian baru virus corona yakni varian Delta, yang lebih cepat dan mudah menular.

Dia menjelaskan, penggunaan dua masker diharap bisa lebih melindungi masyarakat dari paparan COVID-19 jika dibandingkan dengan hanya menggunakan satu masker. Masker juga harus digunakan dengan benar, yakni menutupi hidung dan mulut sampai dagu.

Namun, sambung dia, hal itu hanya salah satu cara untuk mencegah. Hal lainnya yang juga wajib dilakukan adalah menerapkan protokol kesehatan yakni menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan, serta mengikuti vaksinasi.
 
“Siapa saja tanpa terkecuali harus terus disiplin memakai masker sebagai upaya pencegahan penularan virus, terlebih saat bepergian dan berada di tempat umum seperti pasar,” demikian Rayaniatie.

Baca juga: 883 nakes di Gumas ditargetkan terima vaksin dosis ketiga

Baca juga: Tarik minat warga, PPNI Gumas beri doorprize saat vaksinasi

Baca juga: Kabupaten Gunung Mas laksanakan vaksinasi serentak di 15 tempat