Bupati dan Forkopimda Gumas salurkan bantuan kepada korban banjir

id banjir di gunung mas,gumas,Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah,Jaya S Monong,Bupati dan Forkopimda Gumas salurkan bantuan kepada korban banjir

Bupati dan Forkopimda Gumas salurkan bantuan kepada korban banjir

Bupati Gumas Jaya S Monong dan Forkopimda menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di RT 04 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Sabtu (4/9/2021). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah memberikan bantuan sosial kepada warga yang terkena bencana banjir di sejumlah desa/kelurahan, Sabtu.

“Ada beberapa lokasi yang kami datangi untuk memberikan bantuan di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir di Kecamatan Kurun, serta Desa Linau dan Tumbang Bunut di Kecamatan Rungan,” ucap Jaya saat dihubung dari Kuala Kurun, Minggu.

Dia menyebut, bantuan yang diberikan kepada warga yang terdampak banjir bertujuan untuk meringankan beban mereka. Bantuan yang diberikan berupa bahan pokok seperti beras dan mie instan.

Bantuan disalurkan langsung oleh Jaya bersama Kajari Anthony, Kapolres AKBP Irwansah, Perwira Penghubung Kodim 1016 Palangka Raya di Gumas Mayor Inf Idham Khalid, dan lainnya.

Baca juga: Bell Box TB Berkesan jadi strategi Gumas tangani TBC

Berdasarkan keterangan yang didapat dari Ketua RT 04 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir yakni Andut, ada 56 rumah dengan 77 kepala keluarga yang terdampak banjir di wilayah setempat.

Sedangkan berdasarkan keterangan dari Kepala Desa Linau, walau banjir sifatnya hanya sementara, namun cukup membuat aktivitas sehari-hari warga menjadi terhambat, serta terdapat kerugian materiil.

Beberapa wilayah di Gumas dalam beberapa pekan mengalami intensitas curah hujan yang cukup tinggi, sehingga terbuka kemungkinan banjir melanda pemukiman warga yang berada pada dataran rendah, serta pemukiman yang berdekatan dengan Daerah Aliran Sungai Kahayan dan Rungan.

“Semoga debit air segera surut, sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat,” harap orang nomor satu di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ ini.

Baca juga: Empat desa di Gunung Mas mulai nikmati listrik PLN

Sementara itu, Kapolres Gumas AKBP Irwansah mengimbau kepada warga yang terdampak banjir untuk mengevakuasi barang barang berharga lainnya, ke tempat yang lebih aman.

Dia juga mengingatkan warga yang terdampak banjir agar selalu siap dan waspada terhadap luapan air sungai, akibat dari curah hujan yang cukup tinggi, sehingga membuat debit air di aliran sungai meluap.

“Kami tetap siaga terhadap banjir, meninjau dan berkoordinasi dengan pihak instansi terkait dalam penanganan banjir yang saat ini terpantau di wilayah Gumas,” demikian Irwansah.

Baca juga: Banjir melanda sejumlah kecamatan di Gunung Mas

Baca juga: Berikut upaya Pemkab Gunung Mas percepat capaian vaksinasi

Baca juga: Gunung Mas salurkan bantuan keuangan kepada 9 parpol