DPRD Barsel minta pemkab proaktif tangani banjir

id Dprd barsel, barito selatan, ketua komisi III dprd barsel, zainal khairuddin, banjir barsel, banjir kalteng, buntok, kalteng

DPRD Barsel minta pemkab proaktif tangani banjir

Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Zainal Khairuddin. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengharapkan pemerintah kabupaten proaktif menangani banjir yang melanda sejumlah desa di wilayah setempat.

"Kami meminta pemerintah kabupaten melalui instansi terkait dan semua pemangku kepentingan segera melakukan penanganan terhadap korban banjir," kata Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Zainal Khairuddin di Buntok, Senin.

Ia meminta instansi dan semua pemangku kepentingan melakukan berbagai tindakan yang diperlukan, seperti membuat posko evakuasi maupun tenda-tenda darurat bagi warga yang mengungsi apabila debit air bertambah.

Zainal Khairuddin juga meminta Dinas Kesehatan Barito Selatan supaya siaga apabila ada warga yang terdampak banjir sedang sakit. Sebab lanjut dia, pada saat banjir wabah penyakit seperti diare dan penyakit-penyakit lainnya akan bermunculan.

Selain itu, politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Barito Selatan ini juga meminta Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) setempat sesegera mungkin menyalurkan bantuan sosial khususnya bagi warga yang terdampak banjir. Hal itu mengingat, kondisi perekonomian masyarakat yang sedang terpuruk.

"Apalagi pada saat ini kita masih diselimuti pandemi COVID-19 dan ditambah lagi dengan terjadinya bencana banjir," ucap dia.

Disamping itu, Zainal Khairuddin mengharapkan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa proaktif membantu warga yang membutuhkan.

Kemudian ia mengingatkan seluruh masyarakat di Barito Selatan khususnya yang terdampak banjir, agar tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan, agar tidak terpapar COVID-19.

"Saya mengharapkan seluruh masyarakat supaya berdoa, semoga pandemi COVID-19 dan bencana banjir yang melanda sejumlah desa di daerah ini bisa segera cepat berlalu," demikian Zainal Khairuddin.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021