DPRD Seruyan usulkan pembangunan dermaga di Palingkau

id Dprd seruyan, kuala pembuang, arrahman, dermaga desa palingkau, danau sembuluh, kalteng

DPRD Seruyan usulkan pembangunan dermaga di Palingkau

Anggota DPRD Seruyan Arrahman. (ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah Arrahman mengharapkan pemerintah kabupaten melalui instansi terkait membangun dermaga untuk tambat perahu di Desa Palingkau, Kecamatan Danau Sembuluh agar memudahkan masyarakat saat bersinggah dan lainnya.

“Usulan tersebut disampaikan langsung oleh masyarakat desa sekitar saat kami melaksanakan reses ataupun kunjungan kerja. Tujuannya agar masyarakat desa setempat mudah berlabuh jika menggunakan transportasi air,” kata Arrahman di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia mengungkapkan, seperti yang diketahui, perahu merupakan salah satu alat transportasi yang masih sering digunakan masyarakat di Bumi Gawi Hatantiring. Terlebih bagi warga yang tinggal di pinggiran Daerah Aliran Sungai (DAS) Seruyan, sungai merupakan jalur yang cukup strategis.

Selain itu, masyarakat di daerah setempat juga masih banyak berprofesi sebagai nelayan, sehingga aspirasi penunjang seperti dermaga ini sangat diperlukan oleh mereka.

“Makanya aspirasi tersebut layak untuk menjadi perhatian, karena memang masyarakat di daerah pinggiran sungai ini kan alat transportasi utama mereka adalah perahu, sehingga sebagai penunjang kelancaran transportasi diperlukan adanya dermaga,” ungkapnya.

Selain itu, masyarakat desa lain akan lebih mudah jika berkunjung ke tempat itu jika dermaganya sudah ada, sehingga diyakini juga akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat karena jalur transportasinya menjadi lebih lancar dan aman.

“Jadi, kelancaran transportasi ini tidak hanya di darat saja, tapi untuk jalur sungainya juga harus bisa dimaksimalkan seperti membangun dermaga dan fasilitas penunjang lainnya,” jelasnya.

Politisi Partai Demokrat itu menambahkan, tidak kalah penting adalah terus berupaya untuk lebih mengutamakan keselamatan dalam beraktivitas di sungai sehingga segala risiko yang berpotensi terjadi bisa diatasi dengan baik.

“Saya harap masyarakat lebih mengutamakan keselamatan masing-masing sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” demikian Arrahman.