Kanwil Kemenkumham Kalteng laksanakan SKB praktik pranata komputer

id Kanwil Kemenkumham Kalteng, Kemenkumham, Provinsi Kalteng, Kalimantan Tengah, SKB praktik pranata komputer

Kanwil Kemenkumham Kalteng laksanakan SKB praktik pranata komputer

Kanwil Kemenkumham Kalteng laksanakan SKB praktik pranata komputer di Palangka Raya, Jumat (3/12/2021). ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah (Kanwil Kemenkumham Kalteng) melaksanakan seleksi penerimaan CPNS Tahun 2021, berupa Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) praktik formasi Non SLTA, Jabatan Pranata Komputer.

"SKB praktik formasi Non SLTA Jabatan Pranata Komputer ini dilaksanakan selama sehari. Jumlah peserta satu pelamar," kata Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga Khudloifah di Palangka Raya, Jumat.

Pada seleksi itu, turut hadir dua pengawas yakni Analis Hukum Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Prista Alisa Ramadhani dan Pengolah Data Aplikasi dan Database Pusdatin Kemenkumham Ainatul Maulida.

Sebelum psikotes dimulai, ruangan disegel untuk mematikan tidak terjadi kecurangan. Menjelang psikotes, bersama tim pengawas pusat membuka segel ruangan tes. Dan, untuk memastikan transparansi, sebelum proses pelaksanaan tes SKB, tim panitia pusat menyerahkan soal yang tersegel kepada Kasubag Kepegawaian, TU dan RM.

Seleksi itu dimulai pukul 08.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan. Peserta juga wajib menunjukkan surat hasil antigen COVID-19 sebelum memasuki ruangan tes.

"Saya berpesan kepada saudara agar menggunakan waktu yang telah ditentukan dengan sebaik-baiknya. Yakinlah pada kemampuan diri sendiri dan cermat serta teliti dalam mengerjakan soal," pesan Khudloifah.

Kakanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya, mengatakan, tes SKB praktik itu dilaksanakan sesuai dengan petunjuk dan arahan dari pusat. Tes juga diawasi langsung tim pengawas pusat.

Hingga, lanjut dia, dapat dipastikan tidak akan ada terjadi kecurangan dalam pelaksanaan SKB Praktek formasi Non SLTA Jabatan Pranata Komputer ini.

Baca juga: Kemenkumham Kalteng pastikan psikotes calon taruna tak ada kecurangan

"Setelah tahap ini, para pelamar CPNS formasi non SLTA akan melaksanakan tahap SKB berikutnya yaitu Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK) yang jadwalnya akan diumumkan melalui laman resmi di cpns.kemenkumham.go.id," katanya.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kalteng M Ikmal Idrus selaku Ketua Panitia Daerah CPNS Kemenkumham Tahun 2021, juga mengawasi jalannya tes SKB tersebut.

"Kegiatan berjalan dengan lancar. Peserta sangat serius dan semangat dalam mengerjakan setiap soal SKB. Waktu yang diberikan dalam mengerjakan tes ini dua setengah jam," kata Ikmal.

Setelah tes berakhir, Kasubbag Kepegawaian, TU dan RM bersama tim pengawas pusat memusnahkan soal ujian. Ini untuk menjaga kerahasiaan serta agar soal tidak disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Kemenkumham Kalteng koordinasikan permohonan KIK ke Dirjen KI