Dishub Seruyan serahkan tiga unit bus angkutan pedesaan

id Kepala DishubKabupaten Seruyan, Idham BW Kusumah, DishubKabupaten Seruyan, DishubSeruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, Kalimantan Tengah, Kalteng, bus

Dishub Seruyan serahkan tiga unit bus angkutan pedesaan

Bupati Seruyan Yulhaidir (baju putih) di dampingi Kepala Dinasa Perhubungan Seruyan Idham BW Kusumah (baju hitam) saat menyerahkan hibah bus angkutan pedesaan kepada pihak Desa Halimaung Jaya, di Kuala Pembuang, (5/12/2021).ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, hibah tiga unit bus angkutan pedesaan kepada Desa Halimaung Jaya, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) transportasi pedesaan tahun anggaran 2021.

"Sebanyak tiga unit bus angkutan pedesaan dari Pemerintah Pusat itu tentunya akan dapat memudahkan masyarakat desa setempat,” kata Kepala Dishub Kabupaten Seruyan Idham BW Kusumah di Kuala Pembuang, Jumat.

Menurut dia, kendaraan tersebut digunakan bukan untuk komersil melainkan hanya untuk kepentingan masyarakat. Misalnya, digunakan sebagai alat transportasi anak-anak pergi ke sekolah karena jaraknya cukup jauh, khususnya ke Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Kalau dari segi jarak di desa tersebut lumayan jauh, makanya dengan adanya angkutan pedesaan tersebut bisa memudahkan masyarakat dalam bertransportasi," ungkapnya.

Idham pun berpesan kendaraan ini harus dirawat dengan baik dan digunakan sebagaimana mestinya untuk kepentingan masyarakat, sehingga kendaraan tersebut bisa digunakan lebih lama dan manfaatnya juga akan maksimal.

Untuk itu, lanjut dia, sangat  penting sekali dengan adanya fungsi kontrol untuk memonitor. Sebab, setiap barang yang dipakai itu ada penyusutan jadi harus dirawat dengan baik, tujuannya agar bantuan tersebut bisa terus dimanfaatkan.

"Kami harap pihak desa dan masyarakat setempat bisa menggunakannya dengan baik dan dapat merawat kendaraan tersebut. Kami yakin, apabila masyarakat itu terlibat baik itu dalam mengawasi dan merawatnya tentu kendaraan tersebut akan optimal," harapnya.

Dia menambahkan, angkutan pedesaan ini juga merupakan salah satu sarana transportasi yang penting untuk mendukung aktivitas dan mobilitas penduduk, serta mempercepat pemerataan hasil pembangunan terutama pada daerah-daerah pinggiran maupun penggerak aktivitas bagi masyarakat pada suatu daerah atau kota.

"Kami harap dengan adanya bus angkutan pedesaan ini, dapat membawa kemajuan bagi masyarakat Seruyan dan mewujudkan pemerataan pembangunan," demikian Idham.

Baca juga: Destinasi wisata di Seruyan belum bisa dipastikan buka saat Nataru

Baca juga: Cegah bahan pokok kadaluwarsa di Seruyan, Diskoperindag gelar razia