Kapolda Kalteng naik trail patroli karhutla di Pulang Pisau

id Kapolda Kalteng naik trail patroli karhutla di Pulang Pisau, kalteng, pulang pisau, kapolda kalteng

Kapolda Kalteng naik trail patroli karhutla di Pulang Pisau

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto melakukan patroli karhutla di wilayah Kabupaten Pulang Pisau menggunakan sepeda motor trail, Kamis (31/3/2022). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya  (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Irjen Pol Nanang Avianto melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Pulang Pisau menggunakan sepeda motor trail didampingi sejumlah pejabat lainnya.

"Kegiatan patroli ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dan mencegah terjadinya Karhutla di wilayah hukum Polda Kalteng," kata Nanang melalui rilisnya yang disampaikan oleh Humas Polda Kalteng, Kamis.

Jenderal berpangkat bintang dua itu menjelaskan, beberapa titik sumber air juga sudah dipetakan. Tujuannya, apabila ada warga yang mengetahui terjadinya kebakaran dapat segera memanfaatkan sumber air terdekat untuk memadamkan kebakaran lahan tersebut. 

Setelah melaksanakan patroli kebakaran hutan dan lahan atau karhutla, Kapolda beserta rombongan juga bersilaturahmi sekaligus melakukan bakti sosial di Balai Desa Hanjak Maju Kecamatan Kahayan Hilir kabupaten setempat.

"Patroli karhutla juga salah satu antisipasi terjadinya karhutla di wilayah setempat, apalagi Kabupaten Pulang Pisau juga salah satu daerah yang cukup rawan terhadap karhutla," katanya.

Orang nomor satu di lingkup Polda Kalteng tersebut juga mengajak masyarakat di daerah itu untuk bahu-membahu membantu pemerintah setempat mengantisipasi dan menanggulangi karhutla yang selalu mengancam saat musim kemarau. 

Nanang berharap jangan sampai ada titik panas berkembang di wilayah setempat, yang nantinya bakal membuat susah penduduk di daerah itu serta instansi lainnya.

Baca juga: Kapolda sebut ketersediaan bahan pokok di Kalteng jelang Ramadhan masih aman

"Maka dari itu lebih baik dilakukan pencegahan sejak dini, dengan berbagai cara yang telah disiapkan agar tidak menjadi hal buruk di kemudian hari," bebernya.

Nanang juga mengimbau kepada masyarakat di daerah setempat, agar tetap menjaga protokol kesehatan agar persoalan pandemi COVID-19 di daerah itu, tidak berkembang luas.

Apalagi dalam waktu dekat umat muslim di provinsi yang memiliki luas satu setengah kali dari Pulau Jawa itu, melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

"Saya harapkan semoga hal-hal tidak kita inginkan tidak akan terjadi, sehingga umat muslim menjalankan ibadah di bulan Ramadhan berjalan dengan lancar dan nyaman," demikian Nanang.

Baca juga: Kapolda Kalteng berharap produksi minyak goreng mampu penuhi kebutuhan

Baca juga: Polda Kalteng mulai terapkan tilang elektronik di Palangka Raya

Baca juga: Polda Kalteng gelar pengobatan gratis dan vaksinasi massal di Palangka Raya