Wall Street berjangka tergelincir

id Saham Asia,wall street berjangja,indeks nikkei,harga minyak,indeks dolar

Wall Street berjangka tergelincir

Ilustrasi - Investor memantau pergerakan Indeks Shanghai di Bursa Saham China. ANTARA/REUTERS/Jason Lee/am.

Sydney (ANTARA) - Pasar Asia memulai awal perdagangan Senin pagi di tengah prospek suram, karena saham berjangka AS merosot tertekan kekhawatiran tentang suku bunga, sementara pengetatan penguncian di Shanghai memicu kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi global dan kemungkinan resesi.

"Serangkaian kenaikan suku bunga dan komunikasi hawkish datang dengan latar belakang anjloknya aktivitas China dan Eropa, rencana baru untuk larangan energi Rusia dan tekanan sisi pasokan yang berkelanjutan," analis di Barclays memperingatkan.

"Ini menciptakan prospek suram dari inflasi yang terus-menerus memaksa bank sentral menaikkan suku bunga meskipun pertumbuhan melambat tajam."

Kebijakan nol COVID China tidak pernah surut dengan Shanghai memperketat penguncian COVID di seluruh kota dengan 25 juta penduduk.

Indeks berjangka S&P 500 memimpin dengan penurunan 0,6 persen, sementara indeks berjangka Nasdaq melemah 0,7 persen. Obligasi berjangka 10-tahun AS juga merosot.

Nikkei berjangka diperdagangkan pada 26.745 poin dibandingkan dengan penutupan di pasar reguler 27.003 poin pada Jumat (6/5/2022).

Investor juga tegang menjelang laporan harga konsumen AS yang akan dirilis pada Rabu (11/5/2022) di mana hanya sedikit penurunan inflasi yang diperkirakan, dan tentu saja tidak ada yang mencegah Federal Reserve dari kenaikan setidaknya 50 basis poin pada Juni.

Memang, inflasi inti sebenarnya terlihat naik 0,4 persen pada April, naik dari 0,3 persen di bulan sebelumnya, bahkan ketika laju tahunan sedikit menurun karena efek dasar.

"Di kuartal pertama, perubahan bulanan tahunan dalam IHK (indeks harga konsumen) inti adalah 5,6 persen," catat analis di ANZ. "Itu terlalu tinggi untuk The Fed dan kami pikir FOMC tidak akan santai tentang inflasi sampai angka inti moderat menjadi sekitar 0,2 persen secara berkelanjutan.

"The Fed bukan satu-satunya bank sentral yang menghadapi tekanan inflasi. Makin bertambah, panduan dari ECB menjadi jauh lebih hawkish."

Dana Fed berjangka memperkirakan suku bunga mencapai 1,75-2,0 persen pada Juli, dari saat ini 0,75-1,0 persen, dan naik hingga sekitar 3,0 persen pada akhir tahun.

Buku harian ini penuh dengan pembicara Fed minggu ini, yang akan memberi mereka banyak kesempatan untuk mempertahankan paduan suara hawkish.

Prospek suku bunga agresif mendorong dolar AS mencapai level tertinggi 20 tahun terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya minggu lalu di 104,070, dan dolar terakhir diperdagangkan 103,760.

Euro tertahan di 1,0534 dolar dan hanya sedikit di atas posisi terendah baru-baru ini di 1,0481 dolar, sementara dolar sangat terkendali terhadap yen Jepang di 130,72.

Harga minyak sedikit turun di awal perdagangan karena negara-negara Kelompok Tujuh (G7) pada Minggu (8/5/2022) berkomitmen untuk melarang atau menghentikan impor minyak Rusia.

Rusia merayakan Hari Kemenangan pada Senin di tengah spekulasi Presiden Vladimir Putin mungkin menyatakan perang terhadap Ukraina.

Brent terakhir dikutip 75 sen lebih rendah pada 111,64 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS kehilangan 78 sen menjadi 108,99 dolar AS per barel.

Emas stabil di 1.876 dolar AS per ounce, setelah berjuang untuk membuat daya tarik sebagai tempat berlindung yang aman baru-baru ini.