PDIP Katingan targetkan 10 kursi DPRD pada Pemilu 2024

id PDIP Katingan targetkan 10 kursi DPRD pada Pemilu 2024, kalteng, katingan, sakariyas

PDIP Katingan targetkan 10 kursi DPRD pada Pemilu 2024

Ketua DPC PDIP Katingan, Sakariyas. ANTARA/HO-Fernando Rajagukguk

Kasongan (ANTARA) - Dewan Pengurus Cabang PDIP Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah berambisi bisa menambah perolehan kursi DPRD setempat pada pemilu 2024 nanti dari tujuh kursi yang ada saat ini menjadi 10 kursi. 

"Dari beberapa indikator dan berbagai upaya yang telah kami laksanakan makanya kami berani menargetkan 10 kursi pada Pemilu 2024 yang akan datang," kata Ketua DPC PDIP Katingan, Sakariyas di Kasongan, Minggu.

Penambahan kursi dibidik dari daerah pemilihan (Dapil) Katingan 2 sebanyak dua kursi dan Dapil Katingan 3 sebanyak satu kursi. Dengan demikian komposisi kursi yang dibidik pada Pemilu 2024 menjadi Dapil Katingan 1 sebanyak tiga kursi, Dapil Katingan 2 empat kursi dan Dapil Katingan 3 tiga kursi.

Dari hasil Pemilu 2019 diketahui tujuh kursi PDIP di DPRD Katingan berasal dari Dapil Katingan 1 sebanyak tiga kursi. Kemudian Katingan 2 memperoleh dua kursi dan Katingan 3 dua kursi.

Target ini diakui meningkat dari tiga kursi dibandingkan dengan perolehan kursi pada periode Pemilu Legislatif 2019 lalu. PDIP optimistis bisa mencapai target tersebut dengan melihat perkembangan saat ini. 

Indikator yang terpenting sebutnya adalah kinerja tujuh anggota DPRD Katingan asal PDIP yang banyak diapresiasi masyarakat. Dengan kualitas yang mumpuni mereka mampu memberikan hasil nyata yang terbaik di setiap komisi dan badan serta bidang penugasan lainnya. 

Mereka juga dikenal dekat dengan masyarakat atau merakyat serta peduli dengan kondisi sosial konstituennya.

Baca juga: Penyaluran bantuan keuangan parpol Katingan 2022 alami keterlambatan

Selain itu, PDIP Katingan secara masif, kontinyu dan berkesinambungan melaksanakan kegiatan konsolidasi partai. PDIP juga melakukan pembenahan struktural partai mulai tingkat PAC, ranting maupun anak ranting.

"Survei internal menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat Katingan kepada partai berlambang Banteng moncong putih terus meningkat. Jadi bukan hal yang muluk kalau pada Pemilu 2024 kami targetkan 10 kursi sekaligus mempertahankan ketua dewan," ucap pria yang sehari-harinya menjabat Bupati Katingan.

Sementara itu dalam hal pemilu kepala daerah, sebagai petahana, Sakariyas menyatakan dirinya siap maju kembali sebagai Bupati Katingan pada perhelatan Pilkada 2024. Dia mengaku apa yang telah diperbuat dirinya pada periode pertama dirasa masih belum tuntas.

"Saya siap maju kedua kalinya untuk melanjutkan mewujudkan masyarakat Katingan yang sejahtera, berbudaya, maju, religius, terintegrasi, berkesinambungan, aman dan terbuka," demikian Sakariyas.

Sementara itu pemilihan DPRD Katingan yang beranggotakan 25 anggota dibagi ke dalam 3 Dapil yakni Katingan 1 terdiri dari Kecamatan Katingan Hilir, Pulau Malan dan Tewang Sangalang Garing dengan jumlah 10 kursi.

Selanjutnya Katingan 2 yang terdiri dari Kamipang, Katingan Kuala, Mendawai, Tasik Payawan dengan jumlah enam kursi. Terakhir Katingan tiga terdiri Bukit Raya, Katingan Hulu, Katingan Tengah, Marikit, Petak Malai dan Sanaman Mantikei dengan jumlah sembilan kursi.

Baca juga: BPN Katingan gelar program sertifikat tanah gratis PTSL-PM di 12 desa

Baca juga: Pemkab ajak PBS berkolaborasi perbaiki kerusakan jalan Tumbang Samba

Baca juga: Bantuan keuangan parpol di Katingan naik jadi Rp15 ribu per suara