Pemkab ajak PBS berkolaborasi perbaiki kerusakan jalan Tumbang Samba

id Pemkab katingan, kecamatan katingan tengah, yobie sandra, tumbang samba, perbaikan jalan, pbs, perusahaan besar swasta, kasongan, katingan, kalteng

Pemkab ajak PBS berkolaborasi perbaiki kerusakan jalan Tumbang Samba

Camat Katingan Tengah, Yobie Sandra (kanan) memberikan pengarahan dalam pertemuan dengan PBS dan pengusaha lokal membahas komitmen bersama memperbaiki kerusakan jalan dalam kota Tumbang Samba, Kamis, (19/5/2022). (ANTARA/HO-Kecamatan Katingan Tengah)

Saya bersyukur niat baik ini disambut para pengusaha dan PBS
Kasongan (ANTARA) -
Dalam rangka kerja sama memperbaiki kerusakan jalan, Pemerintah Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah, diwakili Camat Katingan Tengah Yobie Sandra mengundang bertemu sejumlah pengusaha lokal dan perusahaan besar awasta (PBS) yang beroperasi di wilayah setempat.
 
"Pertemuan hari ini dimaksudkan untuk mengajak para pengusaha lokal dan PBS yang beroperasi di Kecamatan Katingan Tengah bekerja sama memperbaiki kerusakan jalan di dalam kota Tumbang Samba," kata Yobie saat membuka pertemuan tersebut di Aula Minon Dehen Tumbang Samba, Kamis.
 
Dia menjelaskan kondisi jalan rusak yang mesti segera diperbaiki berada di antara Desa Samba Danum dan Kelurahan Samba Kahayan. Kerusakan jalan itu sudah sejak lama dikeluhkan oleh warga.
 
Menyikapi keluhan warga pihaknya melaporkannya ke pimpinan tingkat kabupaten dan instansi tertentu yang menangani bidang jalan. Hanya memang sampai saat ini belum ada realisasi perbaikan seperti yang diharapkan.
 
"Kami harapkan pengertian masyarakat bahwa kantor Kecamatan Katingan Tengah tidak memiliki dana untuk memperbaiki ruas jalan yang rusak tersebut. Kecamatan hanya memiliki fungsi pelayanan saja," ucap dia.

Baca juga: Bantuan keuangan parpol di Katingan naik jadi Rp15 ribu per suara

Baca juga: Sakariyas minta penggunaan DD dan ADD prioritaskan program padat karya
 
Dia menyampaikan karena keterbatasan anggaran, Pemerintah Kabupaten Katingan tahun ini hanya melakukan pembangunan dan perbaikan jalan di Jalan Suhada, Jalan Tembus dari jembatan menuju SMA, Jalan Merdeka Samba Danum dan Jalan Samba Kahayan-Batu Badinding.
 
Menurut Yobie, karena keterbatasan anggaran tersebutlah makanya perlu komitmen masyarakat, pengusaha lokal, PBS dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama membantu pemerintah dalam melakukan perbaikan jalan. 
 
Pihaknya pun berinisiatif menggandeng para PBS dan pengusaha lokal yang ada di wilayah itu untuk berkolaborasi menyelesaikan permasalahan yang ada.
 
"Saya bersyukur niat baik ini disambut para pengusaha dan PBS," tuturnya.
 
Selanjutnya para pihak telah sepakat akan membentuk tim kecil yang dikoordinatori oleh Kepala Seksi Pembangunan Kantor Camat Katingan Tengah. Tim kecil bertugas menginventarisir spot-spot kerusakan jalan sekaligus menghitung estimasi biaya dan material yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan tersebut.
 
"Komitmennya setelah tugas tersebut selesai maka segera akan dilakukan perbaikan," demikian Yobie Sandra .
 
Turut hadir dalam rapat itu diantaranya anggota DPRD Katingan Dapil III Ledie Aberson, Danramil 1015 Tumbang Samba, H. Margus, Anggota Polsek Katingan Tengah, Karyoto, Damang Katingan Tengah, Kepala Desa Samba Danum, Lurah Samba Kahayan, LPM Samba Kahayan dan anggota BPD Samba Danum.
 
Termasuk juga perwakilan dari PBS seperti PT. KDP,  PT. PSAM,  PT. KBK, PT. WASCO-BAWAN KSO dan para  pengusaha Galian C di antaranya Garuda, Simpei dan Kabau.

Baca juga: Pemkab Katingan tanggulangi stunting melalui intervensi dan kolaborasi lintas sektor

Baca juga: Bupati Katingan sebut predikat WTP jadi penyemangat tingkatkan pelayanan