Bupati Katingan sebut predikat WTP jadi penyemangat tingkatkan pelayanan

id Bupati Katingan sebut predikat WTP jadi penyemangat tingkatkan pelayanan, kalteng, katingan, sakariyas

Bupati Katingan sebut predikat WTP jadi penyemangat tingkatkan pelayanan

Bupati Katingan Sakariyas (keempat dari kanan) saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2021 di auditorium BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (13/5/2022). ANTARA/HO-Diskominfo Katingan

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan Sakariyas mengatakan penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah menjadi penyemangat bersama untuk terus berbenah demi menghadirkan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Penghargaan ini memicu semangat kita bersama untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik," kata Sakariyas di Kasongan, Senin.

Dia menjelaskan opini WTP yang diraih  Pemkab Katingan dari BPK RI diberikan dengan beberapa pertimbangan diantaranya adanya sistem pengendalian internal yang memadai dan tidak ada salah saji yang material atas pos-pos laporan keuangan.

Selain itu, penyajian laporan keuangan tersebut dinilai telah dilaksanakan secara transparan. Secara keseluruhan laporan keuangan telah dilakukan secara wajar sesuai dengan standar akuntansi pemerintah (SAP).

Dikatakannya, predikat opini WTP bukan berarti tidak ada catatan atau temuan. Oleh karena itu, catatan yang diberikan oleh BPK masih perlu ditindaklanjuti untuk perbaikan. Termasuk catatan-catatan periode sebelumnya yang harus diperbaiki.

"Prestasi opini WTP ini bukan merupakan akhir dari tujuan oleh sebab itu kita jangan cepat berpuas diri. Penghargaan ini semestinya jadi pelecut agar kita berbuat lebih baik lagi pada tahun-tahun berikutnya," ucap dia.



Dia menyampaikan predikat WTP merupakan prestasi yang diraih bukan karena kerja individu, melainkan berkat kerja sama seluruh pemangku kepentingan di kabupaten setempat yang telah mengupayakan pengelolaan keuangan sebaik mungkin.

Baca juga: Bupati Katingan minta PKK perbanyak aksi nyata

Pejabat yang pernah memimpin Bank Kalteng itu membeberkan, opini WTP yang diraih juga berkat petunjuk dan arahan dari BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Institusi tersebut telah memberikan bimbingan dalam melaksanakan sistem penataan dan pengelolaan keuangan daerah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dia mengharapkan prestasi opini WTP tersebut dapat dipertahankan pada tahun-tahun selanjutnya. Tujuannya agar pengelolaan dan susunan laporan keuangan Pemkab Katingan menjadi lebih baik lagi pada tahun-tahun yang akan datang.

"Kami merasa bahwa kami masih banyak kekurangan, kami harapkan BPK terus memberikan bimbingan dan petunjuk agar dapat mengelola keuangan lebih baik lagi ke depannya," demikian Sakariyas.

Sebelumnya pada Jumat (13/5) lalu Bupati Katingan Sakariyas bersama Ketua DPRD Marwan Susanto, Sekda Pransang, dan Kepala Inspektorat Dedy Feras menghadiri penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2021 di auditorium BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah di Jalan Yos Sudarso Palangka Raya.

Baca juga: Bupati: Semangat gotong royong harus terus ditingkatkan masyarakat Katingan

Baca juga: Bupati Katingan minta kepala OPD pantau presensi pegawai pasca libur

Baca juga: Kejaksaan hentikan penuntutan pidana pencurian dan pemukulan di Katingan