SAPMA PP Gunung Mas diminta selalu bersinergi dengan pemkab

id SAPMA PP Gunung Mas diminta selalu bersinergi dengan pemkab, kalteng, gumas, gunung mas

SAPMA PP Gunung Mas diminta selalu bersinergi dengan pemkab

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong bersama jajaran SAPMA PP Gunung Mas dan lainnya berfoto bersama di ruang kantor bupati, Kamis (19/5/2022). ANTARA/HO-SAPMA PP Gunung Mas

Kuala KurunĀ  (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong berharap Satuan Siswa, Pelajar, dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila (PP) kabupaten setempat agar selalu bersinergi dengan pemerintah kabupaten.

“Bersinergi yang saya maksud di sini adalah untuk berjuang bersama dalam mewujudkan Kabupaten Gunung Mas yang sejahtera,” ucapnya di Kuala Kurun, Kamis.

Jaya menyebut, dirinya telah menerima kunjungan SAPMA PP Gunung Mas di Kuala Kurun pada 19 Mei 2022 lalu. Pertemuan tersebut juga menjadi ruang diskusi bagi para pengurus SAPMA PP Gunung Mas terkait program kerja mereka ke depan.

Dari diskusi tadi, sambung orang nomor satu di lingkup Pemkab Gunung Mas ini, salah satu program yang sudah berjalan adalah mendukung program smart agro atau pertanian unggul dalam arti luas. 

“Oleh sebab itu saya harap SAPMA PP Gunung Mas selalu bersinergi dengan pemkab untuk bersama-sama mewujudkan Kabupaten Gunung Mas yang sejahtera,” kata Jaya. 

Terpisah, Sekretaris Pengurus Cabang (PC) SAPMA PP Gunung Mas, Mitra Tanjung mengatakan pihaknya memiliki sejumlah program guna mendukung berbagai program unggulan pemerintah daerah, baik itu smart agro, smart tourism dan smart human resources.

Baca juga: Generasi muda Gunung Mas perlu diperkuat pemahaman nilai-nilai Pancasila

Khusus untuk smart agro, SAPMA PP Gunung Mas memiliki program budi daya ikan patin. Saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Gunung Mas untuk mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung budi daya ikan patin.

“Untuk kolam ikan sudah siap, letaknya di Kurun seberang. Untuk membeli pakan, vitamin, jaring, dan pemeliharaan, anggarannya dibantu oleh Ketua Majelis Pengurus Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Gunung Mas yang juga selaku Pembina PC SAPMA PP Gunung Mas, Bang Ruslan H Aspar,” bebernya.

Saat ini SAPMA PP Gunung Mas tinggal menunggu benih ikan patin yang rencananya akan dibantu oleh DPKP Gunung Mas. Jika benih ikan patin sudah tersedia, maka pihaknya akan segera melakukan budi daya ikan patin.

Lebih lanjut, untuk mendukung program smart human resources, SAPMA PP Gunung Mas telah melakukan sosialisasi terkait bahaya HIV/AIDS, narkoba, serta pentingnya berorganisasi dan ideologi Pancasila kepada pelajar di sejumlah SMK/SMA sederajat.

Untuk mendukung smart tourism, SAPMA PP Gunung Mas telah mencetuskan pembentukan komunitas Mahaga Budaya Dayak (Mabudaya) Gunung Mas. Komunitas tersebut dicetuskan untuk melestarikan budaya serta kerajinan tangan lokal dari anggota.

“Melalui komunitas tersebut SAPMA PP Gunung Mas menampung produk kerajinan tangan para anggota, sekaligus membantu memasarkan produk tersebut ke masyarakat luas,” demikian Mitra Tanjung.


Baca juga: Wabup Gunung Mas: Kita harus berpegang teguh pada Pancasila

Baca juga: Bapemperda DPRD Pulpis dalami Raperda MHA ke Gumas

Baca juga: Memudahkan warga bayar pajak, Bapenda Gumas gandeng PT Pos Indonesia