Bupati dukung keinginan SAPMA Pemuda Pancasila Gumas budi daya ikan

id Pemuda Pancasila ,guung mas,Gumas,SAPMA Pemuda Pancasila, Pemuda Pancasila Gumas,berita kalteng,Jaya S Monong

Bupati dukung keinginan SAPMA Pemuda Pancasila Gumas budi daya ikan

Bupati Gumas Jaya S Monong bersama Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Gumas Andika Saputra, Sekretaris Mitra Tanjung, dan sejumlah pengurus berfoto bersama usai silaturahmi di ruang rapat lantai 1 kantor bupati, Senin (21/2/2022). (ANTARA/SAPMA Pemuda Pancasila Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mendukung Satuan Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila kabupaten setempat yang ingin membudidayakan ikan patin.

“Keinginan budi daya ikan tersebut harus diprogramkan dengan cermat, dan diperhitungkan untung ruginya,” ucapnya saat bersilaturahmi dengan SAPMA Pemuda Pancasila Gumas di Kuala Kurun, Senin.

Orang nomor satu di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ ini menyebut, dalam budi daya ikan ada berbagai hal yang harus diperhitungkan seperti peluang pasar, pakan, dan lainnya.

Menurut suami dari Mimie Mariatie ini, akan lebih baik jika SAPMA Pemuda Pancasila Gumas menggandeng orang-orang yang sudah ahli dan berpengalaman di bidang budi daya ikan.

Ayah dari Zefanya Naila dan Ester Gloria ini mengatakan bahwa Pemkab Gumas melalui perangkat daerah terkait siap mendukung SAPMA Pemuda Pancasila Gumas, seperti dengan membantu benih dan pakan ikan.

Baca juga: Wakapolres, Kasat Intelkam dan tiga Kapolsek di Polres Gumas berganti

“Untuk benih dan pakan ikan Pemkab Gumas siap mendukung, tapi dihitung-hitung dulu apakah nanti akan balik modal atau tidak.  Intinya harus cerdas dan jangan takut gagal,” paparnya.

Kegagalan dalam dunia usaha merupakan hal yang biasa. Namun dari kegagalan tersebut seseorang bisa memetik pelajaran yang sangat berharga dan bangkit, sehingga berhasil di kemudian hari.

Sementara itu, Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Gumas Andika Saputra mengatakan bahwa pihaknya memiliki beberapa program kerja pada tahun 2022 ini, salah satunya adalah membentuk petani milenial.

Oleh sebab itu, SAPMA Pemuda Pancasila Gumas ingin membudidayakan ikan, yang nantinya diharap dapat menjadi contoh dan diharap bisa menarik minat pemuda untuk bertani secara modern.

Untuk lokasi, sambung dia, rencananya akan dilakukan di Kurun seberang Kecamatan Kurun, di area milik salah satu petani. Petani yang dimaksud tadi juga akan mendampingi SAPMA Pemuda Pancasila Gumas dalam membudidayakan ikan.

Lainnya, Sekretaris SAPMA Pemuda Pancasila Gumas Mitra Tanjung mengatakan bahwa pihaknya memilih mencoba membudidaya ikan patin karena peluang pasar masih terbuka lebar, terlebih selama ini Gumas masih mendatangkan ikan patin dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kurun saja, kita masih mendatangkan dari daerah luar. Jadi kami nilai peluangnya sangat besar,” demikian Mitra Tanjung.

Baca juga: Bupati Gumas sebut tujuan koperasi adalah menyejahterakan anggota

Baca juga: Bupati Gumas imbau masyarakat manfaatkan layanan vaksinasi

Baca juga: Banjir rendam puluhan rumah di Gunung Mas