Bupati Gumas imbau masyarakat manfaatkan layanan vaksinasi

id Pemkab gumas, bupati gumas, jaya s monong, kuala kurun, vaksinasi, covid 19, gunung mas, kalteng

Bupati Gumas imbau masyarakat manfaatkan layanan vaksinasi

Bupati Gumas Jaya S Monong (batik hijau) didampingi Kapolres AKBP Irwansah (kanan) dan lainnya saat memberi keterangan kepada awak media, di SDN 3 Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Sabtu (19/2/2022). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengimbau masyarakat agar memanfaatkan layanan vaksinasi COVID-19 yang saat ini gencar dilakukan oleh pemerintah.

“Masyarakat saya imbau memanfaatkan layanan vaksinasi, baik itu di pusat kesehatan masyarakat terdekat atau di berbagai kegiatan vaksinasi massal,” ucapnya usai mengikuti konferensi video bersama Kapolri di SD Negeri 3 Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Sabtu.

Dikatakan olehnya, saat ini masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan vaksinasi di puskesmas. Selain itu, puskesmas juga gencar melakukan vaksinasi ke sekolah, desa, dan lainnya.

Itu semua, tutur dia, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin mengikuti vaksinasi, baik dosis pertama, dosis kedua, maupun dosis lanjutan atau booster.

Orang nomor satu di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ ini menyebut, vaksinasi massal akan dilaksanakan di Gedung Christian Center Kalawa Kuala Kurun pada Minggu (20/2), mulai pukul 09.00 WIB.

“Dalam kesempatan ini saya minta masyarakat yang belum divaksin agar mengikuti vaksinasi massal di Gedung Christian Center Kalawa Kuala Kurun. Di sana nanti juga ada vaksin anak dan booster,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Gumas AKBP Irwansah mengatakan pihaknya bersama TNI dan pihak terkait lainnya siap membantu pemerintah daerah dalam mengakselerasi atau mempercepat capaian vaksinasi di wilayah setempat.

Selain itu, sambung dia, polisi bersama pihak terkait lainnya akan terus menggencarkan sosialisasi terkait manfaat vaksinasi dan pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat, demi memutus mata rantai COVID-19.

Lainnya, Sekretaris Dinas Kesehatan Gumas Evelnie mengatakan, secara umum target vaksinasi di kabupaten setempat adalah 101.495 orang, dan hingga 18 Februari 2022 capaian dosis pertama adalah 82,16 persen dan dosis kedua 46,10 persen.

“Untuk target vaksin anak usia 6-11 tahun se-Gumas berjumlah 14.691 orang, dan hingga 18 Februari 2022 capaian dosis pertama adalah 61,55 persen, sedangkan capaian dosis kedua 4,28 persen,” demikian Evelnie.