Kemenkumham-Binda Kalteng tingkatkan kerja sama penegakan hukum

id hendra ekaputra,kanwil kemenkumham kalteng,binda kalteng,Brigjen TNI Sinyo

Kemenkumham-Binda Kalteng tingkatkan kerja sama penegakan hukum

Kanwil Kemenkumham-BINDA Kalteng tingkatkan kerja sama penegakan hukum di Palangka Raya, Kamis (2/6/2022). (ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah (Kanwil Kemenkumham Kalteng) dan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalteng terus berupaya memperkuat kolaborasi dan kerja sama penegakan hukum di daerah setempat.

"Peningkatan sinergi, koordinasi dan kolaborasi dalam penegakan hukum di wilayah Kalteng ini kami mulai dengan kunjungan ke kantor Binda Kalteng," kata Kakanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra di Palangka Raya, Kamis.

Pada pertemuan tersebut, Hendra turut didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Arief Munandar dan Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi di Kota Palangka Raya.

Dia menerangkan, peningkatan kerja sama bidang hukum itu juga akan fokus pada pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kanwil Kemenkumham beserta jajaran pemasyarakatan dan keimigrasian.

Hendra yang baru menjabat sebagai orang nomor satu di Kanwil Kemenkumham Kalteng juga tengah fokus meningkatkan koordinasi, kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai mitra kerja, baik pemerintah daerah maupun instansi vertikal termasuk dengan berbagai elemen masyarakat.

Kerja sama dan kolaborasi itu dapat dilakukan melalui pertukaran informasi maupun melaksanakan kegiatan pelayanan hukum secara terpadu dan terkoordinasi.

"Menjalankan tugas dan fungsi pelayanan dan perlindungan di bidang hukum tidak lah mudah dan cukup berjalan sendiri. Diperlukan kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai pihak terkait agar pelayanan yang kita berikan maksimal dan berkualitas," katanya.

Sementara itu, Binda Provinsi Kalteng Brigjen TNI Sinyo yang didampingi sejumlah jajarannya menyambut baik kedatangan rombongan Kanwil Kemenkumham setempat.

Dia pun menegaskan pihaknya siap bekerjasama dan berkolaborasi dalam berbagai bidang demi menciptakan pelayanan masyarakat yang semakin berkualitas dan maksimal.

"Kami juga akan selalu siap berkolaborasi dan bersama-sama meningkatkan layanan dan penegakan hukum di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Pemberian kepastian dan pelayanan terhadap masyarakat adalah tanggung jawab bersama," kata Sinyo.