Legislator: Wisata kuliner di Palangka Raya bantu pendapatan daerah

id Dprd palangka raya, sigit widodo, wisata kuliner palangka raya, gocapan, gowes cari sarapan, palangka raya, pad, pendapatan asli daerah, kalteng

Legislator: Wisata kuliner di Palangka Raya bantu pendapatan daerah

Dokumentasi - Legislator Kota Palangka Raya Sigit Widodo (empat dari kanan) bersama komunitas Gocapan usai sarapan bersama di sebuah warung yang berada di Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sabangau beberapa waktu lalu. (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) -
Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit Widodo mengatakan, wisata kuliner di daerah setempat setiap tahunnya terus berkembang dan membantu pemasukan kas daerah melalui pajaknya.
 
"Tempat kuliner di daerah kita menjadi wisata bagi masyarakat setempat. Apalagi tempat kuliner juga menyediakan berbagai tempat foto serta wahana anak-anak bermain," katanya di Palangka Raya, Sabtu.
 
Menurutnya, keberadaan tempat kuliner itu, tentu selain meningkatkan perputaran perekonomian di daerah kita, mereka juga menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak yang dibebankan kepada pengunjung sebesar 10 persen saat bertransaksi.
 
Politisi PDIP Kota Palangka Raya itu juga sering mempromosikan tempat kuliner, berbasis UMKM melalui komunitas Gowes Cari Sarapan (Gocapan) setiap minggunya.

Baca juga: Hadapi Popprov dan Porprov, ISSI Palangka Raya gelar selekot
 
Usai berkeliling kota, komunitas sepeda tersebut mencari tempat kuliner yang belum pernah di kunjungi oleh masyarakat di daerah setempat.
 
"Setelah makan kami memberikan stiker bertulisan Gocapan agar diketahui, bahwa setiap kali Gocapan makan di lokasi tersebut pasti enak kulinernya. Kemudian kami juga mempromosikannya melui akun media sosial para komunitas, sehingga kuliner tersebut dikenal masyarakat luas," jelasnya.
 
Legislator yang tergabung di Komisi C Bidang Kesejahteraan Masyarakat DPRD Kota Palangka Raya itu juga menambahkan, pihaknya juga terus berkomitmen untuk berupaya memberikan hal-hal positif kepada masyarakat.
 
"Salah satunya melalui komunitas sepeda serta dengan cara-cara lainnya. Karena sebagai wakil rakyat, saya juga ingin melihat masyarakat kita sejahtera dan maju dalam mengembangkan usahanya," tutup Sigit.
 
Adapun sejumlah lokasi kuliner yang sering dikunjungi masyarakat Kota Palangka Raya saat hari libur, di antaranya kawasan kuliner di wilayah Pahandut Seberang Kecamatan Pahandut.
 
Kemudian wisata kuliner dan mancing di Kecamatan Sabangau yang terletak di Jalan Matal, hingga di Kecamatan Bukit Batu tepatnya Jalan Tjilik Riwut Km 29 sapi tengkleng serta tempat kuliner lainnya.

Baca juga: Legislator: Waspada aksi penipuan mengatasnamakan lembaga perbankan

Baca juga: BRI Palangka Raya dorong koperasi masuk ekosistem digitalisasi