Porkab Barito Utara digelar 21 Juni

id porkab barut,porkab barito utara,koni barito utara,kalteng,Porkab Barito Utara digelar 21 Juni,Muara Teweh,Barut

Porkab Barito Utara digelar 21 Juni

Ketua Harian KONI Barito Utara Syahmiludin A Surapati didampingi bendahara KONI Dedy Suryana memimpin rapat bersama panitia di gedung KONI setempat di Muara Teweh, Selasa (14/6/2022) malam.ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Barito Utara, Kalimantan Tengah siap digelar pada 21-25 Juni 2022 dengan mempertandingkan delapan cabang olahraga diikuti sembilan kecamatan.

"Pembukaan Porkab dilaksanakan pada Selasa (21/6) malam di Stadion Swakarya Muara Teweh yang dibuka Bupati Barito Utara Nadalsyah," kata Ketua Harian KONI Barito Utara Syahmiludin A Surapati saat menggelar rapat persiapan di Muara Teweh, Selasa malam.

Menurut dia, Porkab 2022 ini dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Barito Utara ke-72  dan persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 di Sampit, Kotawaringin Timur.

Delapan cabang olahraga yang diperlombakan antara lain sepak bola, bola basket, bola voly, futsal, bulu tangkis, tenis meja, catur dan e-sport.

"Pada pembukaan nanti bersamaan dengan dibukanya Festival Iya Mulik Bengkang Turan yang merupakan festival budaya di daerah ini.Kami berupaya malam pembukaan semeriah mungkin agar masyarakat terhibur setelah dua tahun tidak ada kegiatan karena pandemi COVID-19," kata Syahmiludin didampingi Dedy Suryana yang juga bendahara KONI setempat.

Syahmiludin yang juga Ketua Panitia Porkab itu mengatakan untuk memeriahkan malam pembukaan panitia juga menyiapkan panggung hiburan dan defile atlet peserta dari sembilan kecamatan meliputi Kecamatan Teweh Tengah, Teweh Baru, Teweh Selatan, Lahei, Lahei Barat, Gunung Timang, Gunung Purei, Teweh Timur dan Montallat.

Selain itu juga digelar ekshibisi sepak bola wanita antara tim binaan Mitra Barito dan tim Askab PSSI Barito Utara. 

"Rencananya pak Bupati Nadalsyah akan menampilkan atraksi menyipet (menyumpit)," katanya lagi. 

Dia menegaskan pada Porkab ini panitia hanya menyediakan medali dan piagam, sedangkan hadiah berupa uang tidak ada dan juara umum akan mendapat piala bergilir.

"Jadi tidak ada hadiah uang karena porkab ini bersifat multievent atau kegiatan yang terjadwal yakni empat tahun sekali. Tahapannya mulai pekan olahraga kecamatan, kabupaten, PON sampai olimpiade, berbeda dengan kejuaraan terbuka lainnya" tegas Syahmiludin.