Bupati Barito Utara resmi buka Porkab dan festival budaya

id porkab barut,festival budaya,stadion swakarya muara teweh,barito utara,kalteng

Bupati Barito Utara resmi buka Porkab dan festival budaya

Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra menabuh gendang sebagai tanda dibukanya Porkab dan festival budaya di Stadion Swakarya Muara Teweh, Selasa (21/6/2022) malam.ANTARA/HO-Prokopim Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah resmi membuka Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) dan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan 2022 untuk memeriahkan hari jadi kabupaten setempat ke-72  yang meriah di Stadion Swakarya Muara Teweh, Selasa malam.

"Semoga event yang kita selenggarakan berjalan lancar dan sukses serta menjadi ajang pencarian atlet," kata Nadalsyah.

Kegiatan itu juga dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Wakil Ketua II DPRD Sastra Jaya, Sekda Muhlis, unsur FKPD, staf ahli bupati, asisten sekda, kepala perangkat daerah, pengurus KONI Barito Utara serta Murung Raya dan Barito Selatan.

Bupati Barito Utara mengucapkan selamat datang kepada semua peserta dari  sembilan kecamatan, diharapkan kepada seluruh peserta dalam perlombaan yang digelar untuk dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan di perlombaan berikutnya. 

Selain itu Bupati memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh panitia peringatan hari jadi ke-72 Kabupaten Barito Utara dan KONI daerah ini. 

Dia juga mengharapkan agar semua perlombaan dijadikan sarana pembinaan, pengembangan prestasi dan untuk mencetak bibit-bibit berbakat yang nantinya menjadi wakil kabupaten dalam mengikuti kompetisi tingkat selanjutnya. 

"Saya mengajak kepada semua pemangku kepentingan untuk bergandengan tangan memajukan olahraga tradisional dan modern di Kabupaten Barito Utara sehingga meningkatkan kualitas SDM yang kita miliki," jelas dia.

Bupati Nadalsyah berpesan kepada seluruh peserta untuk menjaga sportivitas dan kebersamaan. 

"Tujuan kompetisi bukan hanya mencari juara, namun tidak kalah penting adalah untuk menjalin tali silaturahim dan persaudaraan satu sama lain," ucapnya. 

Baca juga: KONI Barito Utara mantapkan persiapan pembukaan Porkab

Nadalsyah mengatakan bahwa sebagai ketua umum Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) memiliki impian dan cita-cita besar bahwa Kabupaten Barito Utara memiliki tim sepak bola wanita yang akan membanggakan dan mengharumkan nama Barito Utara di tingkat nasional. 

Diharapkan, katanya,ada bibit-bibit pemain  sepak bola wanita dari Kabupaten Barito Utara yang masuk kedalam tim nasional sepak bola wanita. 

"Selaku Ketua Umum ASBWI, saya sangat berharap nantinya ada pemain nasional dari bumi Iya Mulik Bengkang Turan," harap dia. 

Bupati juga menyampaikan bahwa nantinya akan ada kegiatan kompetisi sepak bola wanita yang akan digelar oleh ASBWI. 

"Saya mohon doanya kepada semua, semoga nantinya ada final dari kompetisi sepak bola wanita yang dapat diselenggarakan di Stadion Swakarya Muara Teweh," ujar Nadalsyah.

Porkab  yang mempertandingkan delapan cabang olahraga  antara lain sepak bola, bola basket, bola voly, futsal, bulu tangkis, tenis meja, catur dan e-sport  tersebut  juga sebagai persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 di Sampit, Kotawaringin Timur.

Baca juga: Porkab Barito Utara digelar 21 Juni

Pewarta :
Editor : Muhammad Arif Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2022