Isak tangis warnai keberangkatan 63 calon haji Barito Utara

id jamaah calon haji,embarkasi banjarmasin,diberangkatkan,barito utara,kalteng,calon haji barut,Isak tangis,calon haji Barito Utara

Isak tangis warnai keberangkatan 63 calon haji Barito Utara

Sebanyak 63 jamaah calon haji Barito Utara dilepas keberangkatannya usai shalat subuh di Masjid Raya Shiratal Mustaqim l Muara Teweh, Sabtu (18/6/2022).ANTARA/HO-Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Isak tangis baik kerabat yang ikut mengantar maupun calon haji warnai keberangkatan 63 jamaah calon haji Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, pada 2022 menuju embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, di Masjid Raya Shiratal Mustaqim Muara Teweh. 

Jamaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 6 embarkasi Banjarmasin berangkat usai shalat subuh dilepas ratusan warga yang ikut mengantar keberangkatan menggunakan dua unit bis dan dijadwalkan akan tiba dan masuk asrama haji embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru pada Sabtu sore sekitar pukul 16.00 WITA.
 
"Sebanyak 63  calon haji asal Barito Utara terdiri dari 29 orang laki-laki dan 34 orang perempuan ini akan diberangkatkan dari embarkasi Banjarmasin menuju Jeddah, Arab Saudi pada Minggu (19/6) sekitar pukul 15.50 WITA," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Barito Utara Rakhmat Muratni usai melepas keberangkatan di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut dia, calon haji Barito Utara ini akan bergabung dengan kabupaten lain dari Kapuas, Sukamara, Seruyan, Katingan, Barito Timur dan Murung Raya dengan lokasi pemondokan di Mekkah berada di wilayah Jarwal.

selain para jamaah juga beberapa orang tim dari kesehatan turut mendampingi para jamaah calon haji hingga keberangkatan. Juga tim pengawalan dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Barito Utara.

"Jamaah calon haji untuk keberangkatan musim haji 1443 Hijriah mengalami penurunan, hal ini karena adanya pembatasan kuota oleh pemerintah," katanya.

Baca juga: Calon haji Barito Utara berangkat ke Arab Saudi 19 Juni

Rakhmat yang mewakili pemerintah daerah berharap seluruh jamaah calon haji dapat melaksanakan ibadah rukun Islam yang kelima. Dan diharapkan juga dalam keadaan sehat wal afiat.

"Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan ibadah haji dan kembali ke kampung halaman masing-masing dengan sehat wal'afiat," katanya.

Pelepasan jamaah calon haji Kabupaten Barito Utara selain dihadiri asisten sekda juga dihadiri kepala perangkat daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, keluarga jamaah dan lainnya.

Jamaah haji kloter 6 ini akan pulang  ke Tanah Air  pada 31 Juli 2022 dari Bandara Madinah menuju Banjarmasin pada jam 07.10 Waktu Arab Saudi  (WAS) dan tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada 1 Agustus 2022 pukul 01.25 WITA 

Baca juga: Nadalsyah ingatkan jamaah calon haji jaga nama baik daerah

Baca juga: 63 jamaah calon haji Barito Utara ikuti manasik haji