63 jamaah calon haji Barito Utara ikuti manasik haji

id jamaah calon haji barut,barito utara,kalteng,manasik haji barut,haji barito utara

63 jamaah calon haji Barito Utara ikuti manasik haji

Bupati Barito Utara Nadalsyah membuka pelaksanaan manasik haji Tahun 2022 yang diikuti 63 orang jamaah calon haji kabupaten setempat di Muara Teweh, Senin (6/6/2022).ANTARA/Dokumen pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 63 orang jamaah calon haji Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji Tahun 2022.

Dalam kegiatan manasik haji itu dihadiri Bupati Barito Utara  Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah  Noor Fahmi, Sekda Muhlis dan pejabat lainnya di Muara Teweh, Senin.

Bupati Nadalsyah mengatakan bahwa ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakannya.

"Oleh karenanya, sebelum kita berangkat melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah Almukarramah, kita harus lebih dahulu mempersiapkan diri dengan bermacam-macam persiapan secara matang dan teratur," katanya.

Dalam melaksanakan ibadah haji nanti, kata dia, akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan yaitu “Haji Mabrur dan Maqbul” yang diridhai oleh Allah SWT. karena haji yang mabrur itulah yang menjadi dambaan dan harapan semua.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalteng dan jajaran  yang telah melaksanakan bimbingan manasik haji tahun ini.

Baca juga: PKK Barito Utara tanam perdana cabai rawit di Desa Trinsing

Dia mengatakan manasik haji yang di buka pada hari ini adalah merupakan suatu kesempatan baik yang diadakan khusus untuk jamaah calon haji Kabupaten Barito Utara dalam rangka memberikan pengetahuan mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji.

"Oleh karenanya kepada jamaah calon haji saya harapkan dapat menyimak penyampaian materi dengan baik. Manasik haji ini merupakan gladi  bersih yang akan dilaksanakan di Tanah Suci nanti,” kata dia.

Lebih lanjut Nadalsyah melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah Al Mukarramah di samping sebagai ibadah kepada Allah SWT, para jamaah calon haji dituntut untuk memperhatikan hubungan dan manfaat lainnya yang perlu dibina dan dipupuk dalam melaksanakan ibadah haji ini.

Kepala Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Utara M Yusi Abdhian, menyampaikan pelaksanaan manasik haji tahun ini dilaksanakan selama dua hari  pada 6-7 Juni 2022, sedangkan pada tingkat kecamatan dilaksanakan kemudian pada  8-11 Juni 2022.

"Untuk jamaah pada tahun ini jamaah Kabupaten Barito Utara berjumlah 63 orang terdiri dari 30 orang laki-laki dan 33 perempuan. Usia paling tinggi 64 tahun dan yang termuda berusia 28 tahun yang akan berangkat melalui kelompok terbang BDJ  6 Embarkasi Haji Banjarmasin pada  19 Juni 2022," kata Yusi.

Baca juga: Sebanyak 198,76 gram di Barito Utara dimusnahkan

Baca juga: DPRD Barito Utara sosialisasikan aplikasi Si Barake

Baca juga: Pemkab Barito Utara bertekad tekan angka stunting