Begini upaya Pemkab Gunung Mas lindungi generasi muda dari narkoba

id Begini upaya Pemkab Gunung Mas lindungi generasi muda dari narkoba, kalteng, gumas, gunung mas

Begini upaya Pemkab Gunung Mas lindungi generasi muda dari narkoba

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong membuka lomba berpidato anti narkoba dan menyanyikan mars BNN, di GPU Damang Batu Kuala Kurun, Senin (20/6/2022). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengatakan pemerintah kabupaten bersama para pemangku kepentingan selalu berusaha melindungi masyarakat khususnya generasi muda dari jerat narkoba.

Salah satu caranya adalah dengan melaksanakan lomba pidato terkait anti narkoba dan menyanyi Mars Badan Narkotika Nasional (BNN), ucapnya saat membuka lomba di Kuala Kurun, Senin.

“Lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan sportivitas sebagai pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa, dan memberikan pengetahuan tentang dampak bahaya narkoba,” sambung Jaya.

Lomba ini diselenggarakan dalam rangka menyambut hari jadi ke-20 Gunung Mas yang jatuh pada 21 Juni 2022. Dalam peringatan Hari Jadi ke-20, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas memang memfokuskan pada upaya memerangi narkoba.

Diapun mengimbau dan mengajak seluruh pihak untuk terus bergandengan tangan, menghilangkan perbedaan, saling mendukung, berjuang dengan tekad yang kuat, berpacu dengan waktu dalam memberantas dan mencegah penyalahgunaan narkoba.

Baca juga: Petani Gunung Mas didorong optimalkan pemanfaatan Kartu Tani

“Saya mengajak kita semua untuk menyatakan perang terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah ini,” seru orang nomor satu di lingkup Pemkab Gunung Mas ini.

Sementara itu, Asisten III Setda Gunung Mas Yulius Agau mengatakan, lomba bertujuan untuk membekali generasi muda khususnya pelajar jenjang SMP dan SMA untuk memahami apa itu narkoba dan dampaknya bagi kehidupan.

Tujuan lainnya adalah menumbuhkan rasa percaya diri dan membangkitkan semangat generasi muda dalam bersikap dan berkomitmen menolak narkoba, serta menjadikan generasi muda sebagai agen pelopor untuk mengajak perang terhadap narkoba di lingkungannya.

“Lomba diikuti oleh peserta didik jenjang SMP dan SMA sederajat dari berbagai sekolah di wilayah Gunung Mas. Ada hadiah yang telah disiapkan untuk juara 1, 2, 3 hingga harapan 3, serta piagam penghargaan untuk seluruh peserta,” demikian Yulius Agau.

Baca juga: Legislator yakinkan masyarakat semua sekolah di Gumas berkualitas

Baca juga: Legislator Gumas berharap sosialisasi sepeda listrik dilakukan masif

Baca juga: Masyarakat Gunung Mas diminta beri data akurat ke petugas sensus