Pawai karnaval HUT ke-72 Barito Utara berlangsung meriah

id pawai karnaval barut,pawai mobil hias dan jalan kaki,hut ke-71 barito utara,barito utara,kalteng

Pawai karnaval HUT ke-72 Barito Utara berlangsung meriah

Bupati Barito Utara Nadalsyah memberikan sambutan pada pelepasan pawai karnaval mobil hias dan jalan kaki dalam rangka memeriahkan HUT kabupaten setempat ke-72 di Muara Teweh, Kamis (23/6/2022).ANTARA/HO-Prokopim Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Pawai karnaval memeriahkan HUT ke-72 Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menonjolkan budaya daerah berlangsung meriah dan disaksikan ribuan warga.

"Pawai karnaval tahun ini sangat meriah dengan penampilan ragam kostum budaya, bahkan diperkirakan mencatat peserta terbanyak selama kegiatan serupa di daerah ini," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara Hajrannor di Muara Teweh, Kamis.

Peserta mobil hias sebanyak 75 mobil dan jalan kaki mencapai 103 peserta, terdiri dari perangkat daerah, instansi vertikal, sekolah-sekolah dari SD hingga perguruan tinggi, BUMD, perbankan, pengusaha, hingga paguyuban berjalan dengan lancar dan sukses.

"Kami akui kegiatan sangat meriah, apalagi selama dua tahun tidak ada pergelaran dalam memeriahkan HUT kabupaten karena pandemi COVID-19," kata Hajrannor yang juga sebagai koordinator pawai karnaval.

Bupati Barito Utara Nadalsyah mengapresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mengikuti pawai karnaval dan masyarakat Barito Utara yang menyaksikan pawai tersebut. 
 
Salah satu mobil hias peserta karnaval dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Barito Utara di Muara Teweh, Kamis (23/6/2022).ANTARA/HO-Prokopim Barut


"Terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat sehingga pawai karnaval berjalan dengan sukses," kata Nadalsyah. 

Bupati mengharapkan dengan adanya pawai karnaval yang dilaksanakan nantinya dapat menarik minat masyarakat, sehingga dapat dijadikan salah satu magnet yang menarik para wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten dengan motto Iya Mulik Bengkang Turan ini. 

"Semoga ke depannya rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Barito Utara dapat menjadi agenda pariwisata," harap Nadalsyah.

Dia juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Barito Utara. Dimulai dari hal kecil yakni menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing hingga menyaksikan rangkaian peringatan yang digelar yakni Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan, Porkab, pawai karnaval, upacara peringatan, dan malam syukuran peringatan hari  jadi. 

"Saksikan juga penampilan para artis yang diundang pada malam syukuran atau pesta rakyat  pada Rabu (29/6) malam mulai pukul 19.00 WIB," kata Nadalsyah. 

Panitia penyelenggara peringatan HUT ke-72 Barito Utara pada malam puncak peringatan mengundang artis ibu kota yakni Tri Suaka dan Nabila Maharani untuk menghibur masyarakat Barito Utara dan sekitarnya.