'Nawang Asha' bantu pemuda Lamandau tingkatkan kemampuan

id Pemkab lamandau, generasi muda lamandau, nawang asha menjelajah negeri, camat lamandau agus siswanto, nanga bulik, lamandau, kalteng

'Nawang Asha' bantu pemuda Lamandau tingkatkan kemampuan

Dokumentasi-Pelaksanaan kegiatan Nawang Asha di Nanga Bulik. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Nanga Bulik (ANTARA) -
Salah satu inovasi di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah untuk membantu para pemuda di daerah setempat dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki, yakni melalui kegiatan 'Nawang Asha Menjelajah Negeri'.
 
"Melalui kegiatan ini kami harap generasi muda kita bisa meningkatkan prestasi, mempunyai kepribadian maupun karakter yang baik dan termotivasi untuk maju serta berwawasan luas tentang kemajuan dunia luar," kata Camat Lamandau Agus Siswanto di Nanga Bulik, Kamis.
 
Nawang Asha terdiri dari beberapa kegiatan, meliputi workshop materi, permainan edukatif, pentas seni kreatif, hingga berbagi maupun pelatihan bersama.
 
Untuk workshop materi, bertujuan untuk membangun fondasi berpikir dan dasar yang kokoh bagi generasi muda. Adapun topik yang dibahas seperti kenakalan remaja, wawasan kebangsaan, motivasi pendidikan, hingga menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
 
"Selain itu, juga membahas tentang bagaimana generasi muda kita dapat berintegritas, bertanggung jawab, menjadi seorang pemimpin dan mampu berpikir kritis, serta dapat bekerja sama dalam tim maupun meningkatkan kemampuan berbicara di depan publik," terangnya.

Baca juga: Bupati Lamandau perjuangkan petani kelapa sawit di tingkat nasional
 
Lebih lanjut disampaikannya, sedangkan untuk permainan edukatif, bertujuan memberi pemahaman materi dengan metode menyenangkan, tetapi mengandung nilai moral yang dapat menjadi pelajaran bagi peserta.
 
Kemudian pentas seni kreatif, adalah salah satu cara dalam kegiatan ini untuk melatih kreativitas setiap peserta, hingga pada akhirnya memiliki jiwa kreatif, hingga kemampuan menyusun rencana yang baik.
 
"Terakhir, kegiatan berbagi dan pelatihan, merupakan realisasi dari berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan yang dimiliki masing-masing individu. Dengan ini diharapkan menjadi awal terjalinnya komunikasi yang baik hingga terbangunnya relasi," tuturnya.
 
Agus Siswanto menjabarkan, sasaran kegiatan ini meliputi peserta didik kelas VII dan VIII SMP Negeri 4 Satap Lamandau, peserta didik kelas X dan XI SMA Negeri I Lamandau, serta warga sekitar.
 
"Kami harap kegiatan ini mampu menumbuhkan kepedulian sosial generasi muda berupa rasa empati dan simpati, hingga mempererat jalinan tali persaudaraan," terangnya.

Baca juga: Lamandau tingkatkan pemanfaatan APAP tanggulangi kebakaran

Baca juga: Kafilah Murung Raya targetkan juara umum MTQH XXX

Baca juga: Koperasi di Kalteng terus bertumbuh dukung perekonomian daerah