Komisi I DPRD Barsel ingatkan SOPD manfaatkan anggaran secara optimal

id Dprd barito selatan, komisi I dprd barsel, jarliansyah, pembangunan, buntok, barito selatan

Komisi I DPRD Barsel ingatkan SOPD manfaatkan anggaran secara optimal

Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, Jarliansyah. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) -
Komisi I DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengingatkan mitra kerja agar memanfaatkan anggaran 2023 mendatang secara optimal.
 
"Hal itu mengingat jumlah anggaran terutama dari Pandapatan Asli Daerah yang tidak besar," kata Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan Jarliansyah usai memimpin rapat bersama SOPD selaku mitra kerja di Buntok, Selasa.
 
Ia berharap SOPD selaku mitra kerja Komisi I dapat melaksanakan program kerja pada 2023 mendatang sesuai dengan skala prioritas yang telah ditentukan.
 
"Untuk itu, kita berharap, SOPD dapat memanfaatkan anggaran yang tidak begitu besar ini, sehingga kegiatan yang dilaksanakan benar-benar sesuai skala prioritas dan arah kebijakan pembangunan," ucapnya.

Baca juga: Komisi II DPRD Barsel tekankan program 2023 harus sesuai arah kebijakan prioritas
 
Dikatakannya, memang saat rapat yang dilaksanakan pada hari ini, sejumlah mitra kerja meminta adanya penambahan anggaran untuk kegiatan 2023 mendatang.
 
"Memang ada beberapa dinas seperti Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSPMD) yang menginginkan penambahan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan," terangnya.
 
Penambahan anggaran pada DSPMD itu dalam upaya pendataan terkait data-dana sosial yang digunakan untuk bantuan sosial (bansos) maupun Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sehingga data tersebut bisa efektif.
 
"Mereka juga mengusulkan rehab empat kantor desa pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 mendatang," tambah Jarliansyah.
 
Meski demikian lanjut dia, hasil rapat ini nantinya disampaikan kepada Badan Anggaran sebagai bahan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2023.
 
"Selain rapat dengan DSPMD, kita juga melaksanakan rapat dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)," tambahnya.
 
Kemudian kata dia, dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Barito Selatan.

Baca juga: Komisi III DPRD Barsel dalami program SOPD tahun 2023

Baca juga: DPRD Barito Selatan belum sepakati nilai struktur anggaran KUA-PPAS 2023

Baca juga: SMSI Barsel bekali pelajar SMA-IT Baiturrahman Buntok dengan kemampuan jurnalistik