Kemenkominfo apresiasi kesiapan Pemkab Kotim wujudkan Smart City

id Kemenkominfo apresiasi kesiapan Pemkab Kotim wujudkan Smart City, kalteng, smart city, diskominfo kotim, multazam, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur

Kemenkominfo apresiasi kesiapan Pemkab Kotim wujudkan Smart City

Kepala Diskominfo Kotim Multazam, bersama Pelaksana Tugas Bappelitbangda Rafiq Riswandi dan Pembimbing Smart City Kemenkominfo Wing Wahyu Winarno saat memberi arahan dalam bimbingan teknis teknis penyusunan master plan Smart City tahap III, Senin (22/8/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kesiapan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam mewujudkan program Smart City atau Kota Cerdas, mendapat apresiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Sampit ini sistem informasinya sudah lumayan, bahkan dalam beberapa hal sudah lebih maju dari sebagian besar kota-kota di Jawa. Contoh sederhana, alat presentasi di sini sudah modern pakai wireless, sementara di daerah lain masih sibuk pakai kabel. Saya juga kaget karena di sini sudah bagus," kata Pembimbing Smart City Kemenkominfo RI, Wing Wahyu Winarno di Sampit, Senin. 

Wing datang ke Sampit selaku pemateri bimbingan teknis penyusunan master plan Smart City tahap III. Bimbingan tahap I meliputi identifikasi masalah, tahap II rancangan solusi, sedangkan tahap III ini adalah "quick win" yaitu penyusunan program yang efeknya terasa dalam waktu dekat. 

Wing mengakui, ekspektasi awal yang ada dalam pemikirannya berbeda dengan kondisi di lapangan. Dulunya Kotawaringin Timur dibayangkannya sebagai daerah seperti di kota-kota besar yang memiliki penduduk sangat padat, namun ternyata fakta di lapangan jauh berbeda. 

Kondisi ini tentu perlu penyesuaian dalam hal program maupun solusi setiap permasalahan. Takaran kemajuan dan keberhasilan program juga tidak bisa disamakan dengan kondisi seperti di kota-kota besar di Pulau Jawa. 

Diakuinya, faktor-faktor penting tetap harus dipenuhi seperti internet harus ada di mana-mana. Beberapa daerah yang secara geografis susah dijangkau, harus menjadi prioritas. Selain itu, daerah wisata juga memerlukan infrastruktur yang perlu dipenuhi meski tidak dalam waktu singkat. 

Namun akademisi Universitas Gadjah Mada ini menegaskan bahwa kemajuan bidang komunikasi dan informatika tidak didasarkan pada status kota besar atau kecil. Ide dan komitmen kuat mewujudkan program akan sangat berpengaruh dalam meraih keberhasilan. 

Baca juga: KONI Kotim promosikan kesiapan Porprov Kalteng

Wing mencontohkan, Sragen adalah kota kecil di Jawa Tengah yang sudah menerapkan KTP digital pada 2008. Begitu juga Jembrana di Bali yang sudah maju dalam hal teknologi komunikasi dan informasi. 

"Jadi yang penting ide. Saya apresiasi kemampuan SDM di Diskominfo Kotim ini sudah bagus. Yang perlu diperhatikan juga nanti adalah partisipasi masyarakat. Ini juga sangat penting supaya sejalan. Saya yakin Smart City di Kotim ini akan terwujud sesuai harapan," ujar Wing. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur Multazam mengakui masih banyak "pekerjaan rumah" yang harus dipenuhi, namun itu bukan menjadi beban. Pemerataan internet juga terus diupayakan karena juga terkait akses jalan dan listrik. 

Menurutnya, pemerataan jaringan internet berbeda dengan pemerataan jalan dan listrik. Saat ini masih ada sekitar 43 desa belum tersambung listrik PLN sehingga juga berkaitan dengan upaya pemerataan jaringan internet. 

"Muaranya untuk perbaikan pelayanan publik. Harapannya masyarakat dimudahkan dalam segala hal sehingga efektif dari sisi pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat," jelas Multazam. 

Pelaksana Tugas Kepala Bappelitbangda Kotawaringin Timur, Rafiq Riswandi mengatakan bimbingan teknis tahap III ini fokus pada penetapan program unggulan. Tim mencari program yang mudah tetapi secara manfaat bisa cepat dirasakan masyarakat luas. 

"Ini semua kita selaraskan dengan kebijakan percepatan pembangunan daerah. Ini juga terkait dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan berwibawa," demikian Rafiq. 

Baca juga: DPRD Kotim ikut meriahkan pawai pembangunan

Baca juga: Partisipasi Musim Mas Group di pawai pembangunan diapresiasi Bupati Kotim

Baca juga: Perlu lima jam Bupati Kotim tuntaskan 319 peserta pawai pembangunan