BPN Palangka Raya fasilitasi sertifikasi lahan UMKM binaan

id Bpn palangka raya, buddy sutrisno, kafe reforma agraria, pertanahan palangka raya, umkm binaan bpn, sertifikasi tanah, palangka raya

BPN Palangka Raya fasilitasi sertifikasi lahan UMKM binaan

Kepala Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Buddy Sutrisno (baju putih tengah) usai menggelar rapat konsultasi publik tentang pelaksanaan dan inovasi program serta layanan di kantor BPN Palangka Raya, Selasa, (23/8/2022). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) -
Kepala Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Buddy Sutrisno mengatakan, pihaknya memfasilitasi sertifikasi lahan pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang menjadi binaan.
 
"Di kantor kami sekarang ada layanan kafe reforma agraria. Melalui program ini, memfasilitasi para pelaku UMKM mendapatkan sertifikasi lahan usaha," kata Buddy di Palangka Raya, Selasa.
 
Dia menerangkan, saat ini pihaknya memiliki 10 pelaku UMKM binaan yang tersebar di "Kota Cantik". Di antara kategori usaha yang dibina itu seperti budi daya madu kelulut, pengusaha kue, pelaku usaha kerajinan rotan, pengusaha sedotan berbahan dasar purun atau sejenis tanaman rawa, hingga pengolah pupuk berbahan dasar gambut.
 
Melalui program kafe reforma agraria itu, pihaknya ingin mendorong pelaku usaha semakin maju dan berdaya saing. Salah satunya dengan memberikan kepastian hukum terkait kepemilikan lahan usaha secara sah.
 
Dia mengatakan, dengan legalitas kepemilikan lahan, pelaku UMKM juga akan lebih mudah mengakses pembiayaan untuk menambah permodalan usaha ke pihak perbankan.
 
"Melalui program ini, BPN membina aset sekaligus membina aksesnya. Di galeri kafe reforma agraria, kami memajang sejumlah produk UMKM binaan. Selain itu juga mengikutkan produk itu pada acara-acara pameran," terangnya.

Baca juga: Puluhan tersangka PETI di Kalteng terancam lima tahun penjara dan denda Rp100 miliar
 
Adapun pernyataan itu dia sampaikan usai rapat konsultasi publik tentang pelaksanaan dan inovasi program, serta layanan di kantor BPN Palangka Raya. Turut hadir dalam acara itu Kepala LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Palangka Raya, perbankan, akademisi serta pengembang perumahan.
 
"Tentunya masukan dari para peserta akan kami jadikan motivasi dan perbaikan dalam pelayanan. Sehingga, kehadiran BPN semakin dekat dan dirasakan masyarakat, terutama dalam pengurusan pertanahan," terang Buddy.
 
Kepala LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah Ulul Maskuriah mengatakan, sebagai lembaga pemerintah pihaknya siap mendukung dan menyukseskan program ATR/BPN Kota Palangka Raya.
 
Melalui saluran pemberitaan serta memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok yang dimiliki. LKBN ANTARA Biro Kalteng juga siap memberikan informasi dan mengedukasi terkait program dan layanan BPN Kota Palangka Raya.

Baca juga: Kejuaraan sepeda dunia bawa dampak ekonomi besar bagi Kota Palangka Raya

Baca juga: Tiket nonton kejuaraan sepeda dunia di Palangka Raya dijual secara 'online', berikut penjelasannya

Baca juga: RDP terkait kerusakan jalan Kurun-Palangka hasilkan sejumlah kesepakatan