Bunda Literasi Gumas imbau orang tua bacakan cerita ke untuk anak

id Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Mimie Mariatie Jaya S Monong, Kabupaten Gunung Mas, Gumas, Kalteng, Gunung Mas

Bunda Literasi Gumas imbau orang tua bacakan cerita ke untuk anak

Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya S Monong membacakan cerita Kancil dan Gajah bagi peserta didik TK Sinar Kasih Kuala Kurun, Rabu (31/8/2022). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Mimie Mariatie Jaya S Monong mengimbau kepada orang tua, agar meluangkan waktu untuk membacakan cerita kepada anak-anak sejak usia dini.

Dengan demikian diharap ke depan akan tumbuh minat baca pada anak-anak tersebut, kata Mimie usai membacakan cerita bagi sejumlah peserta didik di Taman Kanak-kanak (TK) Sinar Kasih Kuala Kurun, Rabu.

"Ada banyak manfaat yang akan didapat jika orang tua meluangkan waktu untuk membacakan cerita bagi anak-anak. Salah satunya adalah menumbuhkan minat membaca pada anak," sambungnya.

Dia berharap anak-anak Gunung Mas memiliki minat baca yang tinggi, dan menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, dengan membaca maka anak-anak akan mendapat berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Selain itu, saat membacakan cerita maka orang tua secara tidak langsung mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan kepada anak. Sebab, setiap cerita pasti memiliki pesan moral yang bermanfaat untuk membentuk karakter anak.

"Pada kesempatan ini saya bercerita tentang Kancil dan Gajah kepada anak-anak TK Sinar Kasih. Pesan moral dalam cerita tersebut adalah agar anak-anak selalu bersahabat dan tolong menolong," beber Mimie.

Baca juga: Bupati Gumas ingatkan SOPD tidak terlambat menyiapkan RKA 2023

Lebih lanjut, selain membacakan cerita, Bunda Literasi Gunung Mas juga menyempatkan untuk bernyanyi bersama peserta didik TK Sinar Kasih Kuala Kurun, serta membagikan makanan tambahan kepada peserta didik.

Ke depan, dirinya juga akan mengunjungi TK lain di wilayah setempat untuk membacakan cerita, guna menumbuhkan minat baca kepada anak-anak di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

"Semoga ke depan membaca jadi budaya bagi masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda dan anak-anak. Karena dengan rajin membaca maka kita bisa membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas," demikian Mimie.

Baca juga: Perubahan APBD 2022 disetujui, DPRD Gumas tekankan arah belanja

Baca juga: Bupati minta Forum Puspa bersinergi atasi berbagai permasalahan di Gumas