Disdik Palangka Raya komitmen cegah peredaran narkoba di sekolah

id Disdik Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Jayani,Narkoba,Sekolah ,Pelajar

Disdik Palangka Raya komitmen cegah peredaran narkoba di sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Jayani. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah berkomitmen untuk mencegah peredaran narkoba dalam bentuk apapun bisa masuk ke sekolah baik tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani di Palangka Raya, Sabtu, mengatakan komitmen tersebut sebagai wujud nyata Disdik untuk memerangi dan menekan peredaran narkotika di lingkup dunia pendidikan.

"Seluruh sekolah diinstruksikan aktif mengawasi anak didik, dengan menekankan para pelajar untuk terjurus maupun coba-coba mendekati narkoba (Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif), apalagi menggunakannya. Karena penyalahgunaan narkoba hanya akan merusak masa depan generasi bangsa," katanya di Palangka Raya.

Baca juga: Pemkot terus tingkatkan jumlah guru penggerak di Palangka Raya

Baca juga: Disdik Palangka Raya seleksi guru penggerak Kurikulum Merdeka


Jayani menuturkan, untuk menghindari peredaran masuk ke sekolah tentunya pihaknya terus menekankan peran sekolah sangat penting dan besar untuk mencegah agar anak-anak tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba yang sangat membahayakan kesehatan itu.

Maka dari itu peran guru sangat penting terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah, karena semua sepakat bahwa guru sebagai orang terdepan dalam mensosialisasikan kepada anak didik akan bahaya penyalahgunaan narkoba.

"Omongan para guru selalu didengar oleh peserta didik di sekolah, maka dari itu hal ini sangat penting memberitahukan terkait bahaya narkoba kepada peserta didik kita di Palangka Raya agar mereka tidak terjerumus persoalan narkoba," bebernya.

Baca juga: Disdik Palangka Raya gelar bimtek peningkatan kompetensi guru PMM

Baca juga: Disdik Palangka Raya minta guru honorer terdaftar BPJS Ketenagakerjaan


Jayani menambahkan, Disdik juga terus memantapkan serta memotivasi untuk selalu memiliki komitmen kuat dalam memberantas serta memerangi narkotika. Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat.

Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa. Hingga diharapkan nantinya dapat menjadi motor penggerak anti penyalahgunaan narkoba di sekolah bagi para pelajar.

"Makanya kami juga ada bersinergi dengan BNNK Palangka Raya, yakni untuk Penggiat Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan dunia pendidikan di kota setempat dan itu sangat berdampak baik bagi para pelajar," demikian Jayani yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya.

Baca juga: Disdik Palangka Raya bantu enam perahu untuk guru di pinggiran

Baca juga: Lima sekolah bantu Pemkot Palangka Raya raih Adipura 2022

Baca juga: Sekolah Dasar di Palangka Raya masih kekurangan guru