DPRD Seruyan minta pengawas pendidikan aktif memantau langsung ke sekolah

id Dprd seruyan, argiansyah, pengawas pendidikan seruyan, kedisiplinan guru seruyan, kuala pembuang, seruyan

DPRD Seruyan minta pengawas pendidikan aktif memantau langsung ke sekolah

Anggota DPRD Seruyan Argiansyah. (ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan)

...padahal Disdik sudah mempunyai tenaga pengawas, namun kedisiplinan guru di Seruyan masih sangat kurang
Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Argiansyah meminta Dinas Pendidikan memaksimalkan kinerja tenaga pengawas pendidikan untuk mengawasi kedisiplinan guru.

“Kita minta Disdik Seruyan bisa memaksimalkan tenaga pengawas yang ada untuk mengawasi kedisiplinan guru di wilayah setempat,” kata Argiansyah di Kuala Pembuang, Senin.

Dia mengatakan, memaksimalkan tenaga pengawas itu sangat penting dilakukan, sehingga pelaksanaan kegiatan pada sekolah-sekolah di Seruyan bisa berjalan dengan lancar, baik dalam kedisiplinan guru maupun hal lainnya.

Pihaknya pun mempertanyakan, padahal Disdik sudah mempunyai tenaga pengawas, namun kedisiplinan guru di Seruyan masih sangat kurang. Hal tersebut bisa dilihat berdasarkan laporan dari masyarakat saat pihaknya melaksanakan reses maupun kunjungan kerja di desa-desa.

“Kita sudah punya tenaga pengawas, tapi kenapa hal-hal seperti kedisiplinan guru ini masih sangat kurang, makanya kita pertanyakan fungsi pengawas itu apa sehingga hal tersebut masih terjadi,” jelasnya.

Baca juga: Sekda Seruyan minta OPD tindak lanjuti hasil pemeriksaan BPK

Lanjut dia menyampaikan, hal ini menyangkut kualitas pendidikan di Seruyan. Oleh karenanya, dia meminta agar tenaga pengawas ini bisa benar-benar bekerja dan memantau sekolah-sekolah secara langsung, sehingga kendala-kendala yang terjadi bisa diatasi dengan baik.

“Kita minta pengawas itu bisa aktif memantau langsung sekolah-sekolah di Seruyan, agar bisa mengetahui langsung kondisi di lapangan, sehingga misalnya diketahui ada guru yang tidak disiplin bisa dievaluasi segera,” tegasnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan memang persoalan pendidikan ini merupakan kewajiban bersama, sehingga diharapkan juga peran dari masyarakat setempat, agar bisa aktif melaporkan kejadian-kejadian di sekolah yang memang tidak sesuai, salah satunya keaktifan dan kedisiplinan tenaga guru.

“Kita sangat berharap masyarakat bisa ikut andil dalam mengawasi pendidikan di Seruyan, karena memang ini menjadi kewajiban kita bersama untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang memadai,” demikian.

Baca juga: Pengurus PPMS Kalsel diharapkan membawa dampak positif