Timsel umumkan 127 nama peserta calon anggota KPU empat kabupaten

id Timsel umumkan 127 nama peserta calon anggota KPU empat kabupaten, kalteng, Palangka raya, kpu kalteng

Timsel umumkan 127 nama peserta calon anggota KPU empat kabupaten

Tim Seleksi Kalteng buka pendaftaran calon anggota KPU empat kabupaten saat melakukan konferensi pers di Palangka Raya, Minggu (26/3/2023). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya  (ANTARA) - Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) di empat kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah mengumumkan 127 nama peserta calon anggota KPU setempat pada periode 2023-2028 yang dinyatakan lolos berkas administrasi.

"Pada tahapan ini, yang lolos administrasi, di Kabupaten Barito Selatan ada 33 peserta, Kotawaringin Barat 17 peserta, Kotawaringin Timur 25 peserta dan Kapuas 52 peserta," kata Ketua Tim Seleksi, Pranata Pranata di Palangka Raya, Minggu.

Dia mengatakan, mulanya terdapat 160 orang yang telah mendaftar melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA) sebagai calon anggota anggota KPU di empat kabupaten tersebut.

Selanjutnya, dari seluruh peserta itu hanya ada 153 peserta yang menyerahkan berkas fisik ke sekretariat. Dari jumlah tersebut, rata-rata partisipasi perempuan mencapai 20,26 persen.

Artinya terdapat 122 pendaftar laki-laki yang menyerahkan berkas administrasi ke sekretariat dan 31 pendaftar perempuan yang menyerahkan berkas administrasi ke sekretariat

"Dari 153 itu selanjutnya kami lakukan verifikasi hingga akhirnya 127 berkas yang dinyatakan lolos," katanya.

Baca juga: Legislator ajak masyarakat manfaatkan Ramadhan tingkatkan toleransi

Dia menambahkan, selanjutnya 127 peserta yang berkasnya dinyatakan lolos akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes CAT dan psikologi pada rentang waktu 29 Maret sampai 4 April.

Sekretaris Timsel KPU Hamdanah menambahkan, di antara penyebab berkas administrasi peserta tidak lolos karena tidak lengkap dan sebagian tidak sesuai ketentuan.

"Ada yang usia pendaftar tidak sesuai, ijazah tidak dilegalisir, atau surat keterangan kejiwaan tidak lengkap," katanya.

Pihaknya pun memastikan bahwa setiap tahapan akan dilaksanakan secara baik, jujur dan berintegritas, dapat dipertanggungjawabkan serta dilaksanakan didasarkan peraturan yang ada.

Tim Pansel juga akan maksimal melahirkan komisioner terbaik dan berintegritas sehingga proses pelaksanaan Pemilu dan Pilkada berlangsung aman, damai, tertib serta terpenuhinya setiap hak masyarakat pada pesta demokrasi.

Tim seleksi calon anggota KPU di empat kabupaten di Kalteng terdiri dari orang yakni Pranata sebagai ketua, Hamdanah sebagai sekretaris dan anggota adalah Nurrahman Ahmad Shalludin, Noor Salim dan Stepanus.

Baca juga: Berikut pemetaan dapil dan alokasi kursi DPRD Palangka Raya pada Pemilu 2024

Baca juga: Menteri ATR sebut ada 305 kasus mafia tanah selama 2018-2020

Baca juga: Legislator Palangka Raya ingatkan THM taati SE wali kota