BPJS Kesehatan Palangka Raya buka layanan pada libur Lebaran 1444 Hijriah

id BPJS Kesehatan Palangka Raya buka layanan pada libur Lebaran 1444 Hijriah, kalteng, Palangka raya. BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Palangka Raya buka layanan pada libur Lebaran 1444 Hijriah

Tangkap layar, keterangan pers Pelayanan JKN Saat Libur Lebaran 2023 di Gedung Pusat BPJS Kesehatan Jakarta, Kamis (6/4/2023). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya  (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Palangka Raya, Kalimantan Tengah tetap membuka layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada libur Lebaran 1444 Hijriah.

"Sesuai dengan apa yang ditetapkan pusat, kami di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya juga tetap akan membuka layanan kepada masyarakat khususnya kepada peserta Program JKN selama masa libur Lebaran tersebut," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya K Hindro Kusumo di Palangka Raya, Kamis.

Tentunya, lanjut dia, untuk waktu layanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan kantor pusat. Waktu layanan itu adalah pada pada periode 19-21 April dan 24-25 April 2023 pukul 08.00-12.00 WIB.

Namun, apabila masyarakat atau peserta JKN tidak sempat datang ke Kantor BPJS Kesehatan pada periode waktu tersebut, mereka tetap bisa mendapatkan layanan administrasi melalui kanal layanan digital.

Kanal layanan itu seperti Aplikasi Mobile JKN, Chat Asisstant JKN (CHIKA), Voice Interractive JKN (VIKA), Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) hingga BPJS Kesehatan Care Center 165.

Hindro menambahkan, meskipun Peserta JKN berada di luar daerah terdaftar, mereka tetap bisa mengakses layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Peserta tetap bisa berobat walaupun berada di luar daerah dimana fasilitas kesehatan peserta itu terdaftar.

Baca juga: BPS: Jumlah penduduk miskin di Palangka Raya alami turun

Jika terdapat kendala dalam pelayanan kesehatan, peserta JKN segera menghubungi petugas informasi BPJS Kesehatan untuk mendapatkan penjelasan.

"Apabila peserta mengalami kendala saat mengakses layanan kesehatan, segera hubungi Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) atau Petugas BPJS SATU (Siap Membantu) yang ada di rumah sakit untuk mempermudah dalam mengakses informasi pelayanan," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan akses pelayanan sangat terbuka bagi peserta di saat masa libur lebaran tahun 2023. Pihaknya pun berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh peserta JKN.

"Pada prinsipnya, BPJS Kesehatan menganut prinsip portabilitas dalam menyelenggarakan Program JKN. Artinya, seluruh peserta dapat mengakses pelayanan di manapun dan kapanpun, termasuk saat libur lebaran," katanya.

Dengan adanya kebijakan khusus selama libur lebaran 2023, BPJS Kesehatan akan memastikan peserta JKN tetap terlayani dengan mudah, cepat, setara.

Selama masa libur lebaran, BPJS Kesehatan juga telah membuka 955.429 kanal pembayaran yang bisa dimanfaatkan peserta untuk membayar iuran kepesertaan JKN. Tak hanya itu, BPJS Kesehatan juga melayani peserta JKN yang ingin mendaftar autodebit melalui aplikasi Mobile JKN.

Baca juga: Kantor Pos Palangka Raya targetkan PBP tersalur sebelum Lebaran

Baca juga: Jajanan pasar Ramadhan di Palangka Raya dipastikan aman dari bahan berbahaya


Baca juga: Pemkot Palangka Raya perketat pengawasan peredaran bahan pangan